Agung Hendro Yuwono (2020) Peningkatan Retensi Karyawan Berdasarkan Pendekatan Internal Service Quality Di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (241kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (30kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 HASIL DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (365kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until 10 May 2024. Download (86kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB 7 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (27kB) | Request a copy |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (557kB) | Request a copy |
|
Text
TKA.12-21-Lembar Embargo Publikasi - agung hendro.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu permasalahan bagi manajemen sumber daya manusia adalah keinginan untukkeluar (turnover intentions) yang dapat berujung pada keputusan karyawan meninggalkan pekerjaannya. Salah satu cara agar karyawan bertahan di rumah sakit adalah dengan meningkatkan retensi karyawan. Berdasarkan data HRD Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya tahun 2020, turnover rate selama 5 tahun dari tahun 2015 sampai 2019 mempunyai rerata 15,71% (tidak boleh lebih dari 10% pertahun). Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi sebagai upaya peningkatan retensi karyawan berdasarkan pendekatan Internal service quality di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya pada bulan Juni 2020 sampai dengan September 2020. Populasi penelitian yang digunakan yaitu karyawan yang aktif bekerja di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya.yang berjumlah 293 orang dengan jumlah sampel sebanyak 118 responden yang diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta telah lolos kaji etik. Uji Regresi linier dan uji regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel dependen dan variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan Internal service quality (ISQ) signifikan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. ISQ dan kepuasan karyawan signifikan mempengaruhi retensi karyawan di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Oleh karena itu, rekomendasi untuk meningkatkan retensi karyawan dengan melakukan upaya peningkatan ISQ dengan menyusun rencana pengembangan sarana prasarana, adanya forum pertemuan secara periodik dan pelatihan terkait kemampuan berkomunikasi, menyusun program training yang berkesinambungan dan menyusun program kerja di setiap unit/ bagian untuk memenuhi perkembangan kebutuhan pasar, serta dengan meningkatan kepuasan karyawan pada dimensi promosi, tunjangan, dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 12/21 | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Internal service quality, job satisfaction, employee retention, hospital | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 May 2021 01:02 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2021 05:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107026 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |