Alita Dewi Percunda (2021) Pengembangan Proses Bisnis Pelayanan Rawat Jalan Dalam Upaya Menurunkan Waktu Pelayanan Dengan Teori Business Process Management Studi Di Instalasi Rawat Jalan Rs Bhayangkara Kediri. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1 halaman judul.pdf Download (366kB) |
|
Text (ABSTRACT)
2 ABSTRACT .pdf Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI .pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB I)
4 BAB 1 .pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB 2)
5 BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6 BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7 BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8 BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9 BAB 6 .pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
10 BAB 7 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (22kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (70kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (EMBARGO)
TKA.05-21-Embargo Publikasi Alita.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2024. Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Kualitas pelayanan rumah sakit harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen. Lamanya waktu pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RS Bhayangkara Kediri (267,62 ± 136,41 menit) menjadi masalah bagi manajemen. Proses sebagai sebuah aset bagi organisasi, terutama core process harus dikelola dengan baik. Manajemen proses bisnis dipandang sebagai sebuah konsep yang efektif untuk mengembangkan proses secara berkelanjutan. Metode: Penelitian ini adalah operational research menggunakan kombinasi teknik telaah dokumen, wawancara, focused group discussion, analisis proses secara kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan rekomendasi redesain proses. Hasil: Terdapat lima core process pada Instalasi Rawat Jalan dan penelitian difokuskan pada proses pelayanan obat di farmasi. Kemudian dibuat model proses berdasarkan hasil evidence dan interview based discovery. Cycle time efficiency proses telaah resep adalah yang terburuk dengan nilai 0.31. Dengan non value activities sebesar 40% dari total aktivitas dengan waste overprocessing, waiting, dan transportation. Masalah yang terpilih adalah aktivitas membawa resep ke bagian penyiapan merupakan waste. Kesimpulan: Dari hasil root cause analysis kami mengusulkan dua rekomendasi. Untuk rekomendasi jangka pendek kami menyarankan penggunaan alat bantu untuk membawa resep dalam prosedur operasional.Dan untuk redesain jangka panjang kami mengusulkan implementasi resep elektronik. Redesain tersebut diasumsikan dapat mengurangi waktu tunggu 2,5 –16,2 % dari waktu pelayanan
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA.05-21 Per p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen proses bisnis, rawat jalan, rumah sakit, farmasi, redesain | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 20 May 2021 06:56 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:46 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107104 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |