Analisis Psikografi Penonton Film Indonesia Di Surabaya

Edwyn Charisma Putra (2010) Analisis Psikografi Penonton Film Indonesia Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (828kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen-segmen penonton film Indonesia di Surabaya beserta karakteristiknya berdasarkan aspek psikografi. Penelian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada industri film, yaitu Industri film belum mengenal karakter konsumennya dengan baik yang dibuktikan dengan banyaknya keluhan penonton film terhadap film Indonesia. Segmentasi psikografik membagi pembeli menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian. Segmentasi psikografi yang digunakan adalah personality based psychography yang mengelompokkan penonton film berdasarkan karakteristik tipe kepribadian. Tipe penelitian yang digunakan disini adalah kuantitatif deskriptif. Variabel-variabel yang digunakan untuk membentuk profil masing-masing segmen adalah variabel tipe kepribadian Myers-Briggs, variabel demografi dan variabel kebiasaan menonton. Alat pengumpulan data berupa kuesioner demografi, kebiasaan menonton dan kuesioner tipe kepribadian Myers-Briggs. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton film Indonesia di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah responden 402 orang. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu 1) analisis cluster menggunakan teknik K-Means cluster untuk membentuk segmen berdasarkan tipe kepribadian; dan 2) uji chi-square (crosstabs) untuk menentukan variabel demografi dan kebiasan menonton yang bisa digunakan untuk membentuk profil masing-masing segmen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat 4 segmen penonton film Indonesia di Surabaya yaitu : 1) Penikmat Kelompok penonton film yang tergolong ke dalam segmen ini adalah mereka yang bertindak seakan diri mereka adalah petualang kuliner. Mereka memandang film seakan sebuah makanan yang harus dinikmati dengan hati-hati dan jeli serta tanpa prasangka, kemudian merasakan film tersebut secara mendalam. Segmen ini berjumlah 22%. 2) Ilmuwan Mereka yang tergabung ke dalam segmen ini bertindak selayaknya ilmuwan ketika menonton film. Bioskop seakan sebuah laboratorium, dan menonton film merupakan pengalaman yang merangsang intuisi mereka. Mereka senantiasa berteori, menduga apa adegan yang terjadi selanjutnya dan menebak-nebak akhir cerita. Segmen ini berjumlah 29,1%. 3) Seniman Penonton dalam segmen ini bertindak seakan seniman yang sedang berkarya ketika menonton sebuah film. Saat menonton film, mereka penasaran dengan apa yang bisa terjadi, memikirkan apa yang terbaik untuk adegan berikutnya. Selanjutnya mereka akan larut ke dalam film tersebut seakan sedang merasakan sebuah rasa dari karya seni. Segmen ini memiliki proporsi sebanyak 19%. 4) Detektif Penonton dalam segmen ini bertindak selayaknya detektif ketika menonton film. Menonton film bagi segmen ini memberikan pengalaman seperti seorang detektif yang berhadapan dengan sebuah kasus yang menarik, yang membuat membuat mereka membuat pengamatan jeli dan teliti lalu kemudian memikirkan fakta yang diperolehnya dengan antusias untuk menyelesaikan kasus tersebut hingga akhir film. Anggota segmen ini 28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, psikografi, penonton film, tipe kepribadian Myers-Briggs
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Edwyn Charisma PutraNIM110610154
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi SetiawanNIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 May 2021 14:41
Last Modified: 25 May 2021 14:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item