KEPUASAN PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP PELAYANAN KONSELING DI APOTEK RSI SITI HAJAR DAN RSUD SIDOARJO

Angger Argayuangga, 050513404 (2010) KEPUASAN PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP PELAYANAN KONSELING DI APOTEK RSI SITI HAJAR DAN RSUD SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
DAFTAR ISI.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-argayuangg-16349-ff3511-k.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-argayuangg-16349-ff3511-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kefarmasian pada saat ini telah bergeser orientasinya dari produk ke pasien yang mengacu kepada asuhan kefarmasian (pharmaceutical care). Pelayanan kefarmasian adalah bentuk pelayanan dan tanggung jawab langsung profesi apoteker dalam pekerjaan kefarmasian untuk meningkatkan kualitas hidup pasien (ISFI, 2009). Tanggung jawab profesional apoteker di rumah sakit ialah partisipasi proaktif dalam proses penggunaan obat yang langsung berinteraksi dengan pasien dan tenaga kesehatan lain yang bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan pasien (Siregar, 2003). Penelitian tentang kepuasan pasien merupakan salah satu cara dalam melakukan evaluasi terhadap mutu pelayanan konseling yang telah dilakukan. Kepuasan pasien diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian, yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati), serta tangibles (sarana fisik). Pada penelitian ini khususnya diteliti tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan konseling di Apotek RSI Siti Hajar dan RSUD Sidoarjo. Jenis penelitian ini berdasarkan sifat permasalahannya termasuk penelitian deskriptif. Berdasarkan waktunya, termasuk penelitian cross sectional. Sedangkan berdasarkan sumber datanya, penelitian ini termasuk penelitian primer. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang menerima pelayanan konseling di Apotek RSI Siti Hajar dan RSUD Sidoarjo dengan besar sampel yang diteliti yaitu 100 responden dengan rincian 50 adalah responden di RSI Siti Hajar Sidoarjo, 50 lainnya adalah responden di RSUD Sidoarjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non random accidental sampling pada bulan Desember 2009 sampai dengan Januari 2010, dengan tetap memperhatikan kriteria inklusi-eksklusi. Adapun kriteria inklusi dalam penelitian ini meliputi pasien diabetes mellitus yang bersedia mengisi kuesioner, pasien diabetes mellitus yang sedang menjalani rawat jalan di Apotek RSI Siti Hajar dan RSUD Sidoarjo pada bulan penelitian diadakan, usia responden antara 17 tahun hingga 80 tahun,dan responden yang mendapat pelayanan resep obat anti diabetes di apotek RSI Siti Hajar dan RSUD Sidoarjo pada bulan penelitian diadakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 35/11 Arg k
Uncontrolled Keywords: DIABETES MELLITUS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Angger Argayuangga, 050513404UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyu Utami, Dr.,M.S.,AptUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 19 Aug 2011 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10755
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item