PENENTUAN PARAMATER STANDAR UMUM EKSTRAK ETANOL 70 % DAUN Justicia gendarussa Burm. f.UNTUK UJI KLINIK FASE II SKALA PILOT

Firman Yuris Putranto, 050610046 (2010) PENENTUAN PARAMATER STANDAR UMUM EKSTRAK ETANOL 70 % DAUN Justicia gendarussa Burm. f.UNTUK UJI KLINIK FASE II SKALA PILOT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrantofi-16373-ff4511-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COver _1_.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-putrantofi-16373-ff4511-p.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Daun Justicia gendarussa Burm. f. atau biasa dikenal dengan Gandarusa merupakan salah satu tanaman obat berkhasiat. Salah satu khasiatnya adalah sebagai obat kontrasepsi pria. Telah diakukan penelitian bahwa senyawa yang terkandung dalam daunnya adalah gendarusin A yang mempunyai rumus kimia 6,8-di--L-arabinopiranosil-4’,5,7-trihidroksi-flavon dapat menyebabkan antifertilitas. Cara kerja senyawa ini adalah mencegah penetrasi spermatozoa dengan menurunkan aktivitas enzim hialuronidase spermatozoa Dalam pemanfaatannya daun gandarusa dibuat bentuk ekstrak dimana dalam pengembangannya diharapkan ekstrak tersebut bisa digunakan sebagai produk fitofarmaka. Oleh karena itu untuk menjamin produk akhir mempunyai nilai parameter yang konstan (ajeg) terlebih dahulu diperlukan suatu proses standarisasi. Pada skripsi ini dilakukan penelitian mengenai standarisasi ekstrak yang meliputi serangkaian proses penentuan parameter standar umum ekstrak etanol 70 % daun Justicia gendarussa Burm. f. Dalam penentuan parameter standar umum ekstrak ini meliputi parameter standar spesifik dan non spesifik. Awalnya daun gandarusa yang telah dipanen, dicuci, dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan kemudian diserbuk. Serbuk daun dibuat menjadi ekstrak. Ekstrak ini yang akan digunakan untuk uji standarisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 45/11 Put p
Uncontrolled Keywords: Justicia gendarussa
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Firman Yuris Putranto, 050610046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerra Studiawan, Drs.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 Aug 2011 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 08:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item