VALIDASI METODE PENETAPAN KADAR PIROKSIKAM DALAM CAMPURAN PARASETAMOL DAN PIROKSIKAM MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

M.A. Hanny Ferry Fernanda, 050610149 (2010) VALIDASI METODE PENETAPAN KADAR PIROKSIKAM DALAM CAMPURAN PARASETAMOL DAN PIROKSIKAM MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fernandama-16377-ff4811-v.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fernandama-16377-ff4811-v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan jaman dan semakin pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, berdampak dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan baik individu, lingkungan maupun sosial. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya swamedikasi oleh masing-masing individu masyarakat yang secara tidak langsung meningkatkan penggunaan obat oleh masyarakat dan menjadikan mutu obat sebagai jaminan mutlak untuk suatu obat dapat digunakan oleh masyarakat. Salah satu kombinasi obat yang mempunyai efek sinergis adalah piroksikam dan parasetamol. Keduanya termasuk dalam golongan non-steroid antiinflammatory drug (NSAID) yang memiliki kemampuan sebagai analgetik antiinflamasi. Piroksikam (4-hidroksi-2-metil-N-(piridin-2yl)-2H-1) merupakan derivat oxicam yang memiliki efek analgesik dan antiinflamasi. Parasetamol (N-asetil-4-aminofenol) adalah derivat asetanilida yang memiliki efek antipiretik, analgesik, dan antiinflamasi lemah. Setiap produk farmasi yang akan dirilis harus teruji secara ilmiah untuk menjamin khasiat, toksisitas, dan kualitasnya. Agar dapat diperoleh hasil yang relatif sama pada tiap tahapan maka masing-masing tahapan harus diuji secara terpisah dalam validasi metode untuk menjamin kualitas dan realibilitas suatu hasil analisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkb kk-2 ff 48/11 Fer v
Uncontrolled Keywords: spectrophotometry
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
M.A. Hanny Ferry Fernanda, 050610149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Agus Purwanto, Dr.,Apt.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 Aug 2011 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 08:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item