HALIDA MELIDIYAH, 040338165 (2006) PENGARUH DIMENSI BRAND PERSONALITY HARIAN KOMPAS TERHADAP DIMENSI BRAND RELATIONSHIP QUALITY PADA KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-melidiyahh-2902-b141_06.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-melidiyahh-2902-b141_06.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kompas, yang saat ini dikenal sebagai koran berskala nasional terbesar di Indonesia, beroplah lebih dari 500 ribu per-hari. Hasil survei Indonesian Best Brand Award (IBBA) yang dilakukan SWA bekerja sama dengan MARS, Kompas mendominasi pasar surat kabar di Indonesia dengan brand share sebesar 21.1% dan brand value 342. Merek yang kuat dalam bisnis surat kabar akan terbentuk jika ada kepercayaan publik, karena berjualan surat kabar adalah berjualan informasi. Konsumen baru dapat menerima informasi tersebut jika yakin informasi yang dijual dapat dipercaya, tidak membawa kepentingan pihak tertentu. Merek yang mempunyai personality mendatangkan nilai lebih pada hubungannya dengan konsumen, berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang " Pengaruh Brand Personality Harian Kompas terhadap Brand Relationship Quality Pada Konsumen Di Surabaya." Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen terdiri dari sincerity (X1) dan competence (X2).Variabel independen terdiri dari behavioral interdependence (Y1), personal commitmenT (Y2), love and passion (Y3), nostalgic connection (Y4), self concept connection (Y5), intimacy (Y6) dan partner quality (Y7). Pengelolaan data pads penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan SPPS 11.0. Teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Kanonikal sedangkan alat uji yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji F. Dan pengujian menggunakan uji F diperoleh hasil bahwa secara multivariat korelasi antara brand personality terhadap brand relationship quality dinyatakan signifikan, sedangkan secara univariat juga signifikan tetapi hanya pada function I saja. Dari uji canonical variate diperoleh nilai yang besar untuk variabel dependen maupun variabel independen. Nilai korelasi pada variabel independen relatif tinggi, yaitu: sincerity = 0.829 dan competence = 0.943. Nilai korelasi variabel dependen, yaitu: behavioral interdependence = 0.620, personal commitment = 0.523, love and passion x.610, self concept connection = 0.642, intimacy = 0.557, nilai korelasi yang tertinggi terdapat pada variabel partner quality = 0.890. Variabel nostalgic connection merupakan satu-satunya variabel dengan korelasi negatif, -0.551, atau dapat disimpulkan bahwa hubungan korelasinya bersifat terbalik. Dapat diambil kesimpulan bahwa model tersebut merupakan model yang layak untuk menerangkan hubungan pengaruh brand personality yang dimiliki harian Kompas terhadap brand relationship quality pada konsumen di Surabaya. Variabel independen sincerity adalah variabel yang berpengaruh lebih dominan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 141/06 Mel p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | RELATIONSHIP MARKETING - CUSTOMER SERVICES | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Sep 2016 06:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1077 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |