VALIDASI METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis UNTUK PENETAPAN KADAR AMOKSISILIN DALAM SIMULASI TABLET CAMPURAN AMOKSISILIN DAN KALIUM KLAVULANAT

July Antalena Tarigan, 050312748 (2010) VALIDASI METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis UNTUK PENETAPAN KADAR AMOKSISILIN DALAM SIMULASI TABLET CAMPURAN AMOKSISILIN DAN KALIUM KLAVULANAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.COVER.rtf - gdlhub-gdl-s1-2011-tariganjul-16449-ff6111-v.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-tariganjul-16449-ff6111-v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyak obat yang beredar di pasaran berada dalam bentuk kombinasi. Salah satu contoh adalah antibiotika amoksisilin dikombinasi dengan kalium klavulanat dikombinasi dengan tujuan untuk meminimalkan resistensi. Kombinasi bahan aktif tersebut dapat menimbulkan masalah dalam analisis kuantitatif untuk kontrol kualitas sediaan. Metode yang dapat digunakan pada penetapan kadar amoksisilin dalam tablet kombinasi amoksisilin dan kalium klavulanat, antara lain Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT), Liquid Chromatography/Elektrospray Ionization Mass Spectrometry. Pada penelitian ini menggunakan metode Spektrofotometri UV-Vis karena memiliki kelebihan yaitu dapat dilakukan secara langsung tanpa terlebih dahulu memisahkan komponennya dari campuran, pengerjaan relatif lebih cepat dan sederhana, serta memberikan ketepatan yang cukup tinggi, dan relatif lebih murah. Pada penetapan kadar amoksisilin, pelarut yang digunakan adalah metanol karena dapat melarutkan kedua zat tersebut, spektrum yang dihasilkan cukup baik. Untuk penetapan kadar simulasi tablet tiruan campuran amoksisilin dan kalium klavulanat dengan Metode Spektrofotometri dilakukan dengan cara simultan pada panjang gelombang 228 nm untuk amoksisilin dan 272 nm untuk kalium klavulanat. Pada panjang gelombang tersebut, masing-masing zat dapat ditetapkan kadarnya tanpa dipengaruhi oleh zat lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 61/11 Tar v
Uncontrolled Keywords: amoxicillin
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
July Antalena Tarigan, 050312748UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiesta Primaharinastiti, SSi.,MSi.,Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 05 Sep 2011 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 08:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10777
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item