Kemampuan Sosial Ekonomi dan Kualitas Keharmonisan Keluarga pada Peserta Keluarga Berencana Vasektomi di Surabaya

Nurleila Jum’ati, - and Tri Siwi Agustina, - and Prita Anugrah Widowati, - (2017) Kemampuan Sosial Ekonomi dan Kualitas Keharmonisan Keluarga pada Peserta Keluarga Berencana Vasektomi di Surabaya. In: Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-9, 8-10 November 2017, Universitas Diponegoro & Universitas Stikubank, Semarang.

[img] Text (Artikel)
Tri Siwi A_Karil30_Kemampuan Sosial Ekonomi.pdf

Download (768kB)
[img] Text (Peer Review)
Tri Siwi_PeerReview30.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://fmi.or.id/downloads/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mapping kemampuan sosial ekonomi dan mengetahui perbedaan kualitas keharmonisan keluarga pada PUS peserta KB vasektomi dan PUS yang tidak mengikuti program KB. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, alat ukurnya adalah 21 indikator keluarga sejahtera dari BKBN untuk kemampuan sosial ekonomi dan skala ukur kualitas keharmonisan keluarga yang mengacu pada teori Hawari. Populasi penelitiannya adalah PUS peserta KB vasektomi dan PUS yang tidak mengikuti program KB. Dengan teknik purposive sampling maka didapatkan sampel penelitian 50 orang PUS peserta KB vasektomi dan 50 orang PUS yang tidak mengikuti program KB di wilayah Surabaya Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kualitas keharmonisan keluarga, dimana PUS yang tidak mengikuti program KB mempunyai kualitas keharmonisan keluarga lebih baik. Hasil mapping tingkat atau kategori sosial ekonomi untuk peserta KB vasektomi adalah : 24 % keluarga pra sejahtera, 40 % keluarga sejahtera I, 18 % keluarga sejahtera II, 4 % keluarga sejahtera III, 14 % keluarga sejahtera III plus. Hasil mapping untuk PUS yang tidak mengikuti program KB : 22 % keluarga pra sejahtera, 54 % keluarga sejahtera I, 0 % keluarga sejahtera II, 2 % keluarga sejahtera III, 22 % keluarga sejahtera III plus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Socio-Economic Capabilities Mapping, Family Harmony, PUS Vasectomy birth control, and PUS Non birth control Participant.
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Nurleila Jum’ati, -UNSPECIFIED
Tri Siwi Agustina, -NIDN0027087204
Prita Anugrah Widowati, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:34
Last Modified: 15 Oct 2021 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/111274
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item