Adityo Wahyu Wicaksono, -
(2022)
Hubungan Tingkat Harga Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Individu Dewasa Awal Pemain Permainan Online.
Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (Artikel Ilmiah)
Hubungan Tingkat Harga Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Individu Dewasa Awal Pemain Permainan Online _ Adityo Wahyu Wicaksono.pdf
Download (769kB)
|
Abstract
Permainan online menyebabkan beberapa masalah di Indonesia. Dalam wawancara yang dilakukan Kamaliah (2019) ditemukan banyak individu yang melakukan pembelajaan impulsif dalam permainan online Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk hubungan harga diri dengan pembelian impulsif pada individu dewasa awal pemain permainan dengan microtransactions. Penelitian ini menggunakan metode survei. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self Esteem Scale dan Impulse Buying Tendency Scale. Populasi dari penelitian ini adalah 68 individu dewasa awal berumur 20-39 tahun yang sudah pernah melakukan transaksi dalam permainan online. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi signifikan antara harga diri dengan pembelian impulsif (r=-0,146, p=0,234). Hal ini disebabkan oleh adanya penolakan dari komunitas pada pemain yang membeli keuntungan dan faktor budaya kolektivis di Asia yang mencegah perilaku pembelian impulsif.
Actions (login required)
|
View Item |