Pola Belajar dan Faktor Penyebab Siswa yang Bekerja Tinggal Kelas dan Drop Out di Jenjang Pendidikan Dasar di Pedesaan

Bagong Suyanto, - and Karnaji, - (2003) Pola Belajar dan Faktor Penyebab Siswa yang Bekerja Tinggal Kelas dan Drop Out di Jenjang Pendidikan Dasar di Pedesaan. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK2 331.25 Suy p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja anak, siswa yang tinggal kelas, dan terlebih anak yang sudah terlanjur putus sekolah adalah bagian dari kelompok anak-anak rawan yang membutuhkan perhatian serius dari semua pihak. Beberapa permasalahan yang penting dikaji dalam studi ini bukan hanya profil sosial dan pola belajar pekerja anak, tetapi juga sekaligus mengidentifikasi faktor penyebab pekerja anak tinggal kelas atau putus sekolah dan sejauhmana peran sekotah, guru dan orang tua di wilayah pedesaan dalam upaya pencegahan agar siswa yang sekaligus merangkap bekerja sebagai buruh anak tidak putus sekolah di tengah jalan. Sedangkan tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk: (1) Memetakan situasi problematik yang tengah dihadapi dan kelangsungan . pendidikan siswa yang terpaksa merangkap sebagai buruh anak di wilayah pedesaan Propinsi Jawa Timur, dan (2) Mengidentifikasi masalah prioritas dan merumuskan program intervensi yang efektif dalam rangka penanganan permasalahan anak putus sekolah di Jawa Timur.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK2 331.25 Suy p
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Pendidikan Dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Bagong Suyanto, -NIDN0006096604
Karnaji, -NIDN0021046804
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:51
Last Modified: 07 Apr 2022 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item