Pengembangan Software Statistika R Berbahasa Indonesia Dalam Pemodelan Regresi Nonparametrik Untuk Data Dengan Error Lognormal Dan Terdapat Outlier

Nur Chamidah and Toha Saifudin (2008) Pengembangan Software Statistika R Berbahasa Indonesia Dalam Pemodelan Regresi Nonparametrik Untuk Data Dengan Error Lognormal Dan Terdapat Outlier. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKC LP 62 10 Pen.pdf

Download (2MB)

Abstract

Software R merupakan salah satu yang termasuk. dalam kelompok Open Source Software (OSS) yang bersifat legal, murah dan terbuka untuk dikembangkan serta dimodifikasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan TPP dalam hal pemrograman OSS-R dengan menu Bahasa Indonesia yang terkait dengan pendeteksian pendeteksian outlier dalam pemodelan regresi nonparametrik dengan error lognormal berdasarkan metode robust LTS dan robust LMS serta mengimplementasikan pada data riil. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-Iangkah : membuat algoritma program, mendefinisikan fungsi-fungsi R terkait, menggabungkan fungsi dalam satu skrip program, menguji coba program dengan data simulasi dan data real, menghubungkan program tersebut dengan suatu interface gratis (RGUI) dalam program barn yang dinamakan menu StatDemo, menambah item sesuai kebutuhan dalam bahasa Indonesia, mengemas program yang dihasilkan ke bentuk pustaka (library) yang mudah dipakai orang lain. Hasil yang diperoleh : Implementasi OSS-R pada data pohon Gmelina Arborea Roxb memberikan hasil bahwa metode robust LTS memiliki kemampuan lebih banyak dalam mendeteksi outlier dibandingkan metode robust LMS, paket demo analisis statistik dengan R dengan menu bahasa Indonesia yang terhubung dengan interface gratis dalam suatu library StatDemo yang bersifat interaktif. Demo anal isis statistika dengan program R interaktif yang telah dihasilkan, sangat bermanfaat dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa khususnya terhadap teori pemodeian regresi nonparametrik.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 62-10 Pen
Uncontrolled Keywords: Statistika; software; regresi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Nur ChamidahUNSPECIFIED
Toha SaifudinNIDN0001067507
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:10
Last Modified: 11 Apr 2022 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item