Model Tenaga Kerja Dinamis Untuk Negara Berkembang: Konsekuensi Dari Kebijakan Pajak

Sri Hartini, - and Masmira Kurniawati, - and Jovi Sulistianto, - (2018) Model Tenaga Kerja Dinamis Untuk Negara Berkembang: Konsekuensi Dari Kebijakan Pajak. Laporan Penelitian. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
2022_03_18_09_10_16.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini focus pada permasalahan permasalahan praktek bisnis pada industri dilihat dari strategi menghadapi pasar global, khususnya white ocean strategy, yaitu stretegi memenangkan persaingan bisnis dengan focus pada People,planetprofit dan passion. Yang mana kegiatan CSR menjadi kunci suksess dari strategi ini. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah menentukan design white ocean mixed strategy yang tepat untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Adapun target khusus yang ingin dicapai dalam studi antara lain, identifikasi tingkat daya saing industri, alasan industry kreatif menerapkan white ocean strategy, dampak strategy tersebut pada performance perusahaan pada industry kreatifdan desain strategi yang tepat untuk industry kreatif. Penelitian ini merupakan rangkaian penelitian yang direncanakan selesai dalam 3 tahun dengan menggunakan mixed method yaitu penggabungan pendekatan studi kuantitatif dan kualitatif resarch. Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama. Penelitian ini merupakan studi eksplorasi untuk mengetahui implementasi White Ocean Strategy pada industry kreatif. Study ini bertujuan untuk mengetahui indeks daya saing industry dan menemukan proposisi-proposisi penelitian. Proposisi penelitian tersebut diturunkan menjadi hypothesis penelitian yang diharapkan dapat dikaji secara empiris lebih dalam pada penelitian dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, banyak industry kreatif yang peka pada masalah lingkungan social, ide pendirian didasarkan pada tujuan untuk penyelesaian masalah Pada awalnya strategy ini memberikan nilai emosi pada konsumen , namun nilai emosi ini tdk akan menghasilkan peningkatan penjualan tanpa kualitas yang bagus. Aktivitas berbasis social merupakan salah satu program dari white ocean strategy yang paling sering digunakan perusahaan untuk menunjukkan sebarapa besar perhatian perusahaana sebagai pemerhati masalah social. Adapun 7 proposisi yang dihasilkan dari study ini antara lain Proposisi Motivasi lbadah akan menjadi penentu white ocean strategy; Philantrophy menjadi dasar perusahaan rnelakukan white ocean strategy; White ocean strategy meliputi, proses pembuatan produk dan proses delivery produk yang ramah Iingkungan akan meningkatkan nilai social dan nilai ernosi yang dirasakan konsumen ; White ocean strategy akan menciptakan keunggulan diferensiasi yang pada akhirnya makan meningkatkan marketing outcome seperti preferensi konsumen; Ide White Ocean Strategy in didasari dari kondisi lingkungan dan kepedulian dari pelaku usaha ; Kesuksesan White Ocean Strategy ini tergantung dari sifat kepedulian dari konsumen ; White Ocean Strategy tidak bisa hanya mengandalkan kebaikan hati konsumen, kualitas produk llayanan tetap menjadi kunci keberhasilan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 01/19 Har m
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Dinamis, Negara Berkembang, Kebijakan Pajak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Sri Hartini, -NIDN0025106502
Masmira Kurniawati, -NIDN0025037507
Jovi Sulistianto, -NIDN0002128701
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:42
Last Modified: 12 Apr 2022 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item