Tatiek Sri Djarmiati, - and Abd. Shomad, - and Bambang Suheryadi, - (2018) Rancangan Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengawasan Kebijakan Dana Desa. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.
Text (LAPORAN PENELITIAN)
kkb KK LP 14.19 DJA R.pdf Download (9MB) |
Abstract
Dengan adanya UU Desa maka dana yang mengalir ke desa tidak terkira jumlahnya bahkan setiap tahun tentang meningkat Tabun 2015 besarnya Rp 20.8 triliun naik th 2016 menjadi Rp 4&96 triliun sekarang dinaikkan menjadi Rp 60 triliun, dan tahun 2018 akan dinaikkan lagi menjadi Rp 120 triliun. Permasalahan yang muncul karena semakin besarnya kewenangan desa untuk mengelola keuangan dan sumber daya yang ada di desa akan tetapi tidak diimbangi dengan adanya kontrol dalarn penggunaan anggaran desa. Sesuai dengan Tema dan Rodmap Riset LPI Unair Th 2016-20120. pada Tema Riset 7. Pengembangan Regulasi maka dalain penelitian ini mengajiikan judul : Rancangan Model Pemberdayaari Masyarakat Dalarn Pengawasan Kebijakan Dana Desa Dengan demikian diharapkan akan dam mcnghasilkan regulasi dan sebuah model kebijakan yang berorientasi pada penibcrdayaan rnasyarakat terkait dengan pengawasan dana desa • I3erdasarkan RIP LPI Unair dan untuk menaatasi masalah pelayanan prima di bidang pelayanan kesehatan diperlukan adanya kajian yang diharapkan akan dapat memberdayakan masyarakat untuk melakukan pengawasan pengelolaan dana desa, karena pengawasan dari masyarakat lokal merupakan hal yang sangat penting sehingga sehingga terjadinya penyimpangan, pemborosan, penyelewengan, ham batan, kesalahan, dan kegagalan dalani mcncapai tujuan dan sasaran serta pelaksanaan tugas organisasi dapat dieeg.ah sedini mungkin Wain penelitian ini bertujuan untuk Th I Menemukan (I) peraturan-perundangan yang mengatur peran masyarakat dalarn melakukan pengawasan kcuangan desa (2) Menemukan Faktor-laktor aim saja yang menjadi penghambat dan pendukung terhadap peningkatan peran masyarakat dulan melakukan pengawasan ketiangan di desa. (3) Meneniukan Rancangan Model Th, II. Melakukan Uji cilia Model yang ditemukan dalam Th 1. Th III. Melakukan desmiminasi Model sehingga diharapkam dapat diaplikasikan dengan efektif dan efisien, sehingga Good Governance dapat segera terwujud. Datum penelitian ini diperoleh kcsimpulan (1) Dalian UU Dcsa menjamin partisipasi warga untuk terlibat aktif &Ham proses pengawasan dan pemantauan pembangunan desa. Pa al 82 UU Desa menyatakan secara tegas hak masyarakat untuk mendapatkan informasi dan terlibat aktif mengawasi pelaksanaan pembangunan. Peran serta warga desa untuk turut mengawasi aparat pemerintah dan penegak hokum merupakan hal yang sangat penting. Karelia halal dalarn melaksanakan pengelolaan desa peran masyrakat menailiki pcngaruh yang signiiikan dalam pengelolaan dana desa, maka otomatis dengan melibatkan niasyrakat terhadap pengawasan (hal desa juga merupakan solusi yang tepat terhadap semakin besarnya dana desa pasca UU Desa sebngai upaya pencegahan adanya korupsi dana desa. (2) Faktor Penghanibat partisipasi masyarakat dalarn pengawasan dana desa (a) Rendahnya Pemahaman Nlasyarakat, niayoritas rnasyarakat desa mernpunyai pendidikan yang relatif renclah sehingga tidaklah mudah untuk dapat memahami masalah-masalah yang terkait dengan dana desa. (h) Kesulitan mengakscs pengelolaan dana desa. Hal ini terjadi karcna selain karena faktor pertatna tadi juga masih relatif minimnya informasi mengenai dana desa yang dapat diketahui secara luas oleh masyarakat desa. (c) Kepedulian Masyarakat, kepedulian merupakan faktor kunci dalam keterlibatan masyarakat dalani berpartisipasi terhadap pengawasan dana desa karena dengan pedulilah maka akan terjadi aksi dan interaksi di sernua lini dan sernua stakeholder untuk bersama-sama berpa•tisipasi melakukan pengawasan dana desa. (3) Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dana desa maka diperlukan adanya bebagai upaya dinataranya adalah : Sosialisasi tentang dana desa adanya akses informasi yang aksestable, perlu adanya keterlibatani masyarakat sejak perencanaan pelaksanakan maupun pelaporan serta adanya media yang dapat menjadi jembatan komunikasi antara perangkat desa dengan masyarakat balk media cetak maupun media online Keterlibatan masyarakat desa dalam mengawasi pembangunan, dapat juga dilakukan dengan memberikan tanggapan alas laporan tahunan pelaksanaan pembangunan desu dalam Musyawarah Desa.
Item Type: | Monograph (Laporan Penelitian) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK LP 14-19 Dja r | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Masyarakat, Desa Pengawasan | ||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government |
||||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum | ||||||||
Creators: |
|
||||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2022 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2022 04:42 | ||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115086 | ||||||||
Sosial Share: | |||||||||
Actions (login required)
View Item |