Analisis Pembangunan Ekonomi Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Dengan Memakai Pendekatan Swp (Satuan Wilayah Pembangunan)

BUSTANI BERACHIM, - and NURUL ISTIFADAFI, - (2001) Analisis Pembangunan Ekonomi Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Dengan Memakai Pendekatan Swp (Satuan Wilayah Pembangunan). Laporan Penelitian. .. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB 338.915.982 BER A.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Penelitian Ini Dilakukan Untuk Mencoba Menjawab Permasalahan (1) Sektor Apa Saja Yang Dominan Memberi Kontribusi Terbesar Terhadap Pdrb Jawa Timur Pada Masing-Masing Swp. (2) Potensi Apa Yang Dapat Dikembangkan Pada Masing-Masing Swp Sehingga Mampu Memacu Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Umumnya Dan Khususnya Untuk Wilayah Swp Yang Bersangkutan. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Mencoba Untuk Melihat Sektor Yang Dominan Pada Masing-Masing Swp Yang Memberi Kontribusi Terbesar Terhadap Pdrb Jawa Timur. Juga Untuk Menganalisis Potensi Sektor Yang Dapat Dikembangkan Pada Masing-Masing Swp Sehingga Mampu Memacu Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Umumnya Dan Khususnya Untuk Wilayah Swp Yang Bersangkutan. Penelitian Ini Bersifat Deskriptif Kualitatif Yang Didasarkan Pada Data-Data Sekunder. Lokasi Penelitian Di Sembilan Swp Di Wilayah Propinsi Daerah Tingkat 1 Jawa Timur. Sumber Data Sekunder Diambil Dari Kantor Badan Pusat Statistik Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Serta Beberapa Buku / Literatur Penunjang Untuk Memperkuat Analisisnya. Untuk Menentukan Sektor Apa Yang Perlu Dikembangkan Di Masing-Masing Swp Ditentukan Dengan Memakai Pendekatan Location Quolient (Lq). Sektor Yang Mempunyai Lq Yang Lebih Besar Dari 1 Adalah Merupakan Sektor Basis, Yaitu Merupakan Sektor Dominan Yang Perlu Dikembangkan Sebagai Leading Sector. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Sektor-Sektor Yang Perlu Dikembangkan Adalah Berbeda-Beda Untuk Masing-Masing Swp. Namun Demikian Diperoleh Hasil Bahwa Kondisi Perekonomian Di Jawa Timur Secara Umum Sangat Dipengaruhi Oleh Tiga Sektor Utama Yaitu Sektor Pertanian; Sektor Industri Pengolahan; Serta Sektor Perdagangan, Hotel & Restoran. Hasil Penelitian Juga Menunjukkan Bahwa Ternyata Sektor Pertanian Masih Mendominasi Perekonomian Di Tiap Swp Maupun Perekonomian Di Jawa Timur Pada Umumnya, Sehingga Pemerintah Jawa Timur Hendaknya Bersama-Sama Pemerintahan Di Daerah Tingkat Ii Perlu Mempunyai ""Good Will"" Untuk Mengembangkan Potensi Di Sektor Pertanian Ini. Sehingga Dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Di Jawa Timur Ini Selain Sektor Industri Dan Sektor Perdagangan, Hotel & Restoran Yang Memang Mempunyai Tingkat Akselerasi Pertumbuhan Yang Cepat Maka Perlu Pula Dipertimbangkan Pengembangan Di Sektor Pertanian. Mengembangkan Sektor Industri Yang Kuat Dengan Ditopang Kekuatan Di Sektor Pertanian Yang Tangguh Hendaknya Tidak Hanya Slogan Semata, Tetapi Perlu Pula Untuk Diupayakan Implementasinya Sehingga Jawa Timur Mampu Untuk Bertahan Terhadap Gejolak Eksternal Yang Mungkin Timbul Seperti Krisis Ekonomi Tahun 1997-1998 Yang Baru Lalu. Apabila Pengembangan Di Sektor Pertanian Tidak Dapat Dilakukan Secara Ekstensifikasi Maka Usaha-Usaha Intensifikasi Bidang Pertanian Perlu Secara Serius Dikembangkan Di Jawa Timur."

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 338.915.982 BER A
Uncontrolled Keywords: PEMBANGUNAN EKONOMI, SWP (SATUAN WILAYAH PEMBANGUNAN)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
BUSTANI BERACHIM, --
NURUL ISTIFADAFI, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:28
Last Modified: 24 Jun 2022 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item