Keakraban dan Kepuasan: Penyebab Loyalitas Melalui Kepercayaan dan Komitmen Pasien pada Industri Layanan Kesehatan (Praktek Dokter Spesialis) di Surabaya

Ririn Tri Ratnasari, - and Sri Gunawan, - (2005) Keakraban dan Kepuasan: Penyebab Loyalitas Melalui Kepercayaan dan Komitmen Pasien pada Industri Layanan Kesehatan (Praktek Dokter Spesialis) di Surabaya. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.97-08 Rat k.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Gordon (1998, dalam Adamson, Chan, dan Handford, 2003) menyatakan bahwa pemasaran relasional telah menggeser prinsip pemasaran dari yang semula berorientasi pada transaksi, menjadi satu prinsip yang berbeda. Penekanan yang diberikan di dalam aktifitas pemasaran sebaiknya tidak hanya pada proses dalam melakukan transaksi saja. Setelah adanya transaksi antara penjual dan pembeli, pihak pemasar (penjual) harus tetap memiliki- suatu hubungan dengan pelanggannya. Para praktisi dan akademisi mulai menyadari pentingnya hubungan yang dilakukan antara pemasar dan pelanggan. Hal ini menjadikan dasar bagi konsep pemasaran relasional (relationship markeling) untuk berkembang (Gronroos, 1997). Morgan dan Hunt (1994) juga menyatakan bahwa seluruh aktifitas pemasaran saat ini, senantiasa diarahkan untuk menciptakan, memelihara, dan mempertahankan kesuksesan pertukaran relasional. Dengan demikian, pemasaran relasional menjadi suatu hal yang sangat penting. Morgan dan Hunt (1994) menyatakan bahwa dalam membangun pemasaran relasional harus diperhatikan dua hal yang menjadi kunci utama yaitu : kepercayaan (trust) dan komitmen (commitment) dari semua pihak yang terlibat, dalam aktifitas tersebut. Agar pemasaran relasional yang dilakukan oleh perusahaan dapat berjalan dengan baik perlu diperhatikan pula pemahaman pemasaran relasional dari sudut pandang pelanggan. Bagi pelanggan, untuk dapat terlibat dalam pemasaran relasional juga dibutuhkan adanya kepercayaan dan komitmen. Oleh karena itu, pemahaman pemasaran relasional dari sudut pandang pelanggan adalah timbulnya kepercayaan komitmen. Namun, agar pemasaran relasional dapat diimplementasikan, maka pelanggan harus termotivasi untuk melakukan suatu hubungan (relationship) (Beatty, 1996). Oleh karena itu, harus diketahui terlebih dahulu faktor-faktor menjadi penyebab (anteseden) pelanggan terlibat dalam suatu hubungan dengan perusahaan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.97-08 Rat k
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Panen, Praktek Dokter, Spesialis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Ririn Tri Ratnasari, --
Sri Gunawan, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:58
Last Modified: 19 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item