Pemberdayaan Komunitas melalui Pengembangan Media Penyiaran Komunitas (Suatu Kajian Media Penyiaran Komunitas dengan Pendekatan Ekonomi Politik Media)

Yayan Sakti Suryandaru, - and Suko Widodo, - and Liestianingsih, - (2010) Pemberdayaan Komunitas melalui Pengembangan Media Penyiaran Komunitas (Suatu Kajian Media Penyiaran Komunitas dengan Pendekatan Ekonomi Politik Media). Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.220-10 Sur p.pdf

Download (24MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian RUKK di tahun ke-3 ini ingin Iebih difokuskan pada bagaimana. sistem komunikasi berbasis komunitas yang mampu menciptakan pengelolaan media komunitas dari, oleh. dan untuk komunitas setempat Dari kajian literatur yang dilakukan peneliti, di desa Wiladeg Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta terdapat radio komunitas (rakom) Wiladeg yang "dianggap" mampu menciptakan sinergi antara aparat desa dengan anggota komunitas dalam pengelolaannya. Rakom ini juga mampu menjadi media pertanggungjawaban kinerja pcmerintahan desa kepada masyarakatnya. Masyarakat juga diberikan ruang yang luas untuk mengekspresikan dirinya Iewat rakom ini (bisa melalui kesenian lokal memberikan masukan atau kritikan kepada aparat desa, dan pengetahuan yang dimilikinya). Bagaimanakah kondisi sebenarnya dari temuan awal ini, menggelitik peneliti untuk membuktikannya dalam penelitian kali ini. Selain itu, bagaimanakah peran serta rakom dalam melakukan pemberdayaan komunitas yang dilayaninya, juga menjadi fokus penelitian ini. Apakah hanya pemberdayaan di sektor politik, budaya, ekonomi, ataukah semua sektor ini menjadi fungsi pernberdayaan bagi komunitas di rakom Wiladeg? Atau apakah upaya pemberdayaan yang dilakukan rakom baru sebatas wacana yang lebih banyak berangkat dari ide para pegiat rakom tersebut, ataukah sudah sejauh pemberdayaan yang muncul dari kesadaran kritis seluruh anggota komunitas Wiladeg? Dengan kata lain, apakah pemberdayaan yang muncul sudah merupakan kebutuhan seluruh anggota komunitas yang merasakan betul manfaat dari kehadiran rakom Studi ini menggunakan pendekatan ekonomi politik media. ini menggunakan metode indepth interview riset dokumentasi, dan observasi Nara sumber untuk penclitian ini terdiri dari kalangan pengelola media komunitas di desa Wiladeg Kab.Gunung Kidul Yogyakarta, LSM yang concern pada ide penciptaan media komunitas, birokrat di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota/Kabupaten, anggota DPRD yang membidangi komunikasi dan informasi, dan pakar atau akademisi yang menggeluti bidang ekonomi politik media.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.220-10 Sur p
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Media Penyiaran, Ekonomi Politik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yayan Sakti Suryandaru, --
Suko Widodo, --
Liestianingsih, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:33
Last Modified: 20 Apr 2022 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item