Pengembangan Sistem Deteksi Dini Penyebaran Penyakit Menular Dengan Pemanfaatan Data Nonklinik Online Dan Teknologi Berbasis Komunitas

Ira Puspitasari and Febdian Rusydi and Nasa Zata Dina (2018) Pengembangan Sistem Deteksi Dini Penyebaran Penyakit Menular Dengan Pemanfaatan Data Nonklinik Online Dan Teknologi Berbasis Komunitas. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKC KK LP 02-19 Ira p.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem peringatan dini disease surveillance diperlukan untuk menangani penyebaran penyakit menular di Indonesia. Kendala utama pada sistem deteksi dini penyebaran penyakit menular ini adalah pengumpulan dan pengolahan data yang relatif lama sehingga respon penanganan penyakit lambat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem deteksi dini penyakit menular yang responsif dengan metode syndromic surveillance dan pemanfaatan data nonklinik online. Data nonklinik online merupakan salah satu alternatif sumber data yang dapat diperoleh secara cepat, dari berbagai sumber, dengan reliabilitas yang masih acceptable. Pendekatan syndromic surveillance dan pemanfaatan data nonklinik online ini cocok diterapkan di Indonesia karena keterbatasan data kesehatan dan infrastruktur pengolahan data kesehatan real time, serta masifnya penggunaan media sosial untuk berbagi informasi, termasuk kesehatan. Metode penelitian mengaplikasikan pendekatan design-science research. Pendekatan ini dirancang dalam dua tahap utama, yaitu: (1) mengembangkan dan (2) mengevaluasi sistem deteksi dini penyebaran penyakit menular. Pengembangan sistem diawali dengan cara mengumpulkan dan mengekstraksi data nonklinik online untuk sejumlah kasus penyakit menular yang dipilih. Langkah berikutnya adalah memodelkan pola penyebaran penyakit menular dan prediksi daerah berpotensi endemik. Berdasarkan model dari sejumlah kasus penyakit menular, langkah selanjutnya adalah membangun kerangka kerja generik untuk disease surveillance penyakit menular. Tahapan terakhir adalah mengevaluasi sistem deteksi dini yang dihasilkan. Kontribusi penelitian ini terdiri dari kontribusi pengetahuan dan kontribusi aplikatif. Kontribusi pengetahuan di antaranya adalah hasil penelitian dalam bentuk model pola penyebaran penyakit menular, model prediksi daerah berpotensi endemik, kerangka kerja generik pada sistem deteksi dini penyakit menular, dan pemanfaatan data nonklinik online untuk membangun sistem yang responsif. Kontribusi secara aplikatif berupa sistem deteksi dini yang dapat digunakan sebagai panduan untuk penanganan penyakit menular dan aplikasi untuk mengumpulkan dan mengesktraksi data nonklinik online. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi solusi aplikatif dalam usaha pemberantasan penyakit menular di Indonesia. Luaran yang telah dicapai dalam penelitian ini terdiri dari publikasi ilmiah, hak cipta, dan luaran lainnya. Publikasi karya ilmiah terdiri dari 1 artikel jurnal internasional bereputasi dengan status accepted, 1 artikel jurnal internasional bereputasi dengan status in review, 1 artikel jurnal nasional terakreditasi dengan status in review, dan 1 artikel yang akan diseminasikan pada seminar intemasional bulan September 2018. Luaran berikutnya adalah HKI berupa hak cipta dan luaran teknologi berupa aplikasi ekstraksi data nonklinik online Twitter.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 02-19 Ira p
Uncontrolled Keywords: Data Nonklinik Online
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Ira PuspitasariUNSPECIFIED
Febdian RusydiUNSPECIFIED
Nasa Zata DinaUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 23 Apr 2022 04:36
Last Modified: 23 Apr 2022 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item