Evaluasi Lama Proteksi Kerapu Chromileptes Altivelis Setelah Vaksinasi Dengan Vaksin Ribosomal Vibrio Algillolyticus Dan Dipelihara Sampai Ukuran Fingerling

Sudarno, - (2007) Evaluasi Lama Proteksi Kerapu Chromileptes Altivelis Setelah Vaksinasi Dengan Vaksin Ribosomal Vibrio Algillolyticus Dan Dipelihara Sampai Ukuran Fingerling. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
2022_03_28_11_11_54.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kedua bakteri ini Vibrio alginolyticus dan V. anguillonlm adalah penyebab kerugian buelidaya kerapu di Indonesia, kematian terjadi pada stadium larva, karena larva yang terinfeksi Vibrio hanya bertahan 12 jam. V. alginolitycus adalah penyebab kematian utama kemudian diikuti oleh V. anguillanlm. Vaksin dibuat dari bakteri di atas beserta turunannya ialah polyvalent Ribosomal (Rib), Formalin Killed Cells (FKC), Intracellular Components (ICC), Lipopolisakarida (LPS) dan Outer Membrane Protein (OMP). Ribosomal dan antigen lainnya dicampur dengan kedua bakteri di atas diberikan dengan suntikan kepada ikan. Hasil yang didapatkan dari vaksinasi polyvalent dengan kelima antigen di atas adalah rata-rata sintasan diatas 60 persen. Kandungan proteinnya dari kelima antigen polyvalent adalah FKC 3.5, ICC 3.1, OMP 0.8 dan LPS 0.95 mglml. Phagocytic Index meningkat secara nyata dan hampir semuanya eli atas 7.5. Peningkatan tersebut seiring dengan naiknya titer antibody lebih dari 1024 sesudah 2 minggu. Tetapi karena kurang sempurnanya ekstraksi LPS, kadang bekas suntikan menyebakan luka pada ikan. Kerapu yang mati ditandai dengan exophthalmia (pembengkakan mata) , pendarahan pada pangkal sirip dada, pendarahan ekor dan mulut, ikan berenang tidak terkontrol dan mulut ikan Iuka memerah. Tujuan penelitian adalah membuat vaksin polyvalent dari Vibrio alginolylicus dan V. anguillarum yang terdiri dari Rib, FKC, ICC, LPS dan OMP untuk menanggulangi kematian ikan kerapu Chrompeltes altivelis.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 52/10 Sud e
Uncontrolled Keywords: Penyakit Ikan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sudarno, -NIDN0013075504
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorM. Murdjani, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 23 Apr 2022 14:21
Last Modified: 23 Apr 2022 14:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item