Novia Yudiasari, - and Sri Widati, - (2021) Pengembangan Media Promosi Kesehatan Tentang Bahaya Penggunaan Earphone Mahasiswa Universitas Airlangga Di Surabaya. PREVENTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 12 (1). 57 -86. ISSN 2528-3375
Text (Peer Review)
22_Peer_Review.pdf Download (911kB) |
|
Text (Full text)
22_Artikel.pdf Download (2MB) |
|
Text (Turnitin)
22_Turnitin.pdf Download (6MB) |
|
Text (Kesesuaian Bidang Ilmu)
22 Kesesuaian.pdf Download (83kB) |
Abstract
Penggunaan Earphone secara berlebihan beresiko terjadinya gangguan pendengaran. Pengguna terbanyak pada usia remaja hingga dewasa muda (mahasiswa). Berdasarkan hasil studi pendahuluan sebagian besar mahasiswa Universitas Airlangga belum mengetahui bahaya penggunaan Earphone dan belum adanya media promosi kesehatan mengenai Earphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa sebelum dan sesudah diberi media dan mengetahui keefektifan antara sosial media instagram dan youtube dalam penyebaran media promosi kesehatan yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Sampel penelitian sebesar 100 orang dibagi menjadi dua kelompok menjadi 50 orang pengguna sosial media Instagram dan 50 orang pengguna sosial media youtube diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data meliputi karakteristik responden, media, hingga tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap penggunaan Earphone menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan paired t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, perilaku sebelum dan sesudah diberi media dan independent t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku kelompok instagram dan kelompok youtube. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku antara kedua kelompok sebelum dan sesudah diberi media. Pada hasil uji keefektifan antara kedua kelompok menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Video animasi merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa. Sosial media instagram dan youtube memiliki kekuatan yang sama. Saran dari peneliti adanya himbauan penggunaan Earphone bagi pihak kampus kepada mahasiswa.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Earphone, media, pengetahuan, sikap, perilaku | ||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku | ||||||
Creators: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Chusnul Chuluq | ||||||
Date Deposited: | 06 Jun 2022 05:58 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2022 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116620 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |