Pengembangan Media Promosi Kesehatan Tentang Bahaya Penggunaan Earphone Mahasiswa Universitas Airlangga Di Surabaya

Novia Yudiasari, - and Sri Widati, - (2021) Pengembangan Media Promosi Kesehatan Tentang Bahaya Penggunaan Earphone Mahasiswa Universitas Airlangga Di Surabaya. PREVENTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 12 (1). 57 -86. ISSN 2528-3375

[img] Text (Peer Review)
22_Peer_Review.pdf

Download (911kB)
[img] Text (Full text)
22_Artikel.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
22_Turnitin.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Kesesuaian Bidang Ilmu)
22 Kesesuaian.pdf

Download (83kB)
Official URL: https://jurnal.fkm.untad.ac.id/index.php/preventif...

Abstract

Penggunaan Earphone secara berlebihan beresiko terjadinya gangguan pendengaran. Pengguna terbanyak pada usia remaja hingga dewasa muda (mahasiswa). Berdasarkan hasil studi pendahuluan sebagian besar mahasiswa Universitas Airlangga belum mengetahui bahaya penggunaan Earphone dan belum adanya media promosi kesehatan mengenai Earphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa sebelum dan sesudah diberi media dan mengetahui keefektifan antara sosial media instagram dan youtube dalam penyebaran media promosi kesehatan yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Sampel penelitian sebesar 100 orang dibagi menjadi dua kelompok menjadi 50 orang pengguna sosial media Instagram dan 50 orang pengguna sosial media youtube diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data meliputi karakteristik responden, media, hingga tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap penggunaan Earphone menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan paired t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, perilaku sebelum dan sesudah diberi media dan independent t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku kelompok instagram dan kelompok youtube. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku antara kedua kelompok sebelum dan sesudah diberi media. Pada hasil uji keefektifan antara kedua kelompok menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Video animasi merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa. Sosial media instagram dan youtube memiliki kekuatan yang sama. Saran dari peneliti adanya himbauan penggunaan Earphone bagi pihak kampus kepada mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Earphone, media, pengetahuan, sikap, perilaku
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku
Creators:
CreatorsNIM
Novia Yudiasari, --
Sri Widati, -NIDN0016017707
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:58
Last Modified: 18 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item