AKIBAT HUKUM ATAS MENINGGALNYA DEBITOR PERJANJIAN KREDIT BANK

DIVA RYAN PITALOKA, 030810300 (2012) AKIBAT HUKUM ATAS MENINGGALNYA DEBITOR PERJANJIAN KREDIT BANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-pitalokadi-23349-fh-74-12-k.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-pitalokadi-19718-fh74-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian kredit di dunia bisnis nampaknya telah menjadi hal yang lazim di negara maju dan berkembang termasuk di Indonesia sendiri yang mengakibatkan semakin bervariatifnya masalah yang terjadi, salah satu diantaranya adalah meninggalnya nasabah debitor itu sendiri dalam perjanjian kredit yang masih berlangsung. Meninggalnya debitor dalam perjanjian kredit memang sudah pernah terjadi di dalam dunia bisnis, namun masih sedikit yang membahas permasalahan tersebut. Sedangkan timbulnya peristiwa tersebut dapat menimbulkan akibat yang cukup signifikan terhadap bank itu sendiri karena akan menimbulkan ketidakpastian dalam pelunasan utang yang akan menimbulkan risiko atas penyaluran kredit tersebut. Dalam perjanjian kredit bank, jika dikemudian hari salah satu pihak tidak dapat melanjutkan kewajiban dalam perjanjian tersebut, maka terdapat langkah-langkah yang harus ditempuh. Apabila terjadi keadaan debitor meninggal dunia maka perlu ditempuh beberapa alternatif penyelesaian, yaitu, Penyelesaian yang ditinjau menurut BW; Pendebetan secara otomatis oleh Bank hingga mencapai nilai nominal pelunasaan utang debitor yang meninggal; Menetapkan penjadwalan kembali pembayaran utang tanpa dilakukannya pembuatan Perjanjian Kredit Bank yang baru; Melakukan pengalihan piutang kepada debitor yang lama yang biasa dikenal dengan Novasi Subyektif Pasif; atau Pelelangan atas barang jaminan yang dijaminkan oleh debitor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FH 74/12 Pit a.
Uncontrolled Keywords: PROTECTION - LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K486-487 Relation of law to other topics
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DIVA RYAN PITALOKA, 030810300UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Mar 2012 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item