DIAN WISNU A., 049811993 E (2005) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT-ATRIBUT BRAND RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP CUSTOMER BRAND LOYALTY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dianwisnua-5968-b20505-k.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-dianwisnua-5968-b20505.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Alasan konsumen memilih suatu merek tidak hanya karena mereka suka pada merek tersebut atau karena merek tersebut dapat bekerja dengan baik, tetapi karena konsumen memiliki hubungan (relationship) dengan merek tersebut. Hubungan tersebut dapat terbentuk karena merek tersebut mampu memberikan arti pada kehidupan konsumen, arti yang diberikan suatu merek dapat bersifat functional, utilitarian dan yang lain lebih bersifat psychosocial dan emotional. Karena itulah penting bagi manajer merek untuk mengetahui kekuatan, kedalaman, dan berartinya relationship yang terbentuk antara merek produknya dengan konsumen. Sebuah indikator untuk mengetahui kekuatan, kedalaman, dan berartinya relationship antara konsumen dengan suatu merek adalah Brand Relationship Quality (BRQ). Atribut-atribut BRQ didasarkan dari penelitian Fournier (1998) yaitu Love and Passion, Self-Concept Connection, Interdependence, Commitment, Intimacy, dan Brand Partner Quality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut BRQ mempunyai pengaruh terhadap Brand Loyalty konsumen air mineral merek AQUA yang berdomisili di Surabaya. Penelitian ini melakukan pengujian sampel sebanyak 200 orang. Pengujian reliabilitas alat ukur menggunakan cronhach's alpha. pengujian validitas alat ukur menggunakan analisis validitas internal, kemudian untuk mendapatkan unidimensionalitas skala digunakan analisis faktor pada setiap variabel penelitian. Penelitian ini melakukan analisis validitas konstruk agar didapat ketepatan indikator dalam mengukur konstruk yang ada. Analisis validitas konstruk menggunakan Principal Component .-analysis (PCA) dengan metode rotasi varimax. Hasil uji validitas konstruk terbentuk distribusi variabel Baru yaitu Love and Passion, Self Concept Connection, Collative, Intimacy, dan Brand Partner Quality. Uji hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasar hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa variabel Love and Passion, Self-Concept Connection, Conative, Intimacy, dan Brand Partner Quality berpengaruh secara bersama-sama terhadap Brand Loyalty. Variabel Self-Concept Connection secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Loyalty. Variabel-variabel lain secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Loyalty. Berdasarkan hasil pcnelitian ini saran untuk pihak AQUA yang dapat diberikan adalah bahwa pihak AQUA harus dapat mengelola dan meningkatkan kualitas hubungan dengan konsumen sesuai dengan karakteristik dari masing-masing Brand Relationship Quality.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 205/05 Dia a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | BRAND CHOICE; CUSTOMER RELATIONS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 01:15 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1177 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |