PENGANIAYAAN BERAT SEBAGAI PENGHALANG (HIJAB ) PEWARISAN

R. AFQAH PUTRA IMAWIJAYA, 030315676 (2009) PENGANIAYAAN BERAT SEBAGAI PENGHALANG (HIJAB ) PEWARISAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-imawijayar-10930-fh1170-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-imawijayar-9925-fh11709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hijab waris dalam hukum waris Islam atau penghalang kewarisan ialah perbuatan atau keadaan atau juga melakukan sesuatu tindakan yang dapat menggugurkan hak seseorang untuk menerima warisan walaupun adanya sebab-sebab dan syarat-syarat sah mewarisi. Alhujub terbagi dua, yakni al-hujub bil washfi (sifat/julukan), dan alhujub bi asy-syakhshi (karena orang lain). Al-hujub bil washfi berarti orang yang terkena hujub tersebut terhalang dari mendapatkan hak waris secara keseluruhan misalnya orang yang membunuh pewarisnya atau murtad. hamba sahaya, pembunuhan, berlainan agama. Hak waris mereka menjadi gugur atau terhalang. al-hujub bi asy-syakhshi yaitu gugurnya hak waris seseorang dikarenakan adanya orang lain yang lebih berhak untuk menerimanya. Al-hujub bi asy-syakhshi terbagi dua: hujub hirman dan hujub nuqshan. Hujub hirman yaitu penghalang yang menggugurkan seluruh hak waris seseorang. Hujub nuqshan (pengurangan hak) yaitu penghalangan terhadap hak waris seseorang untuk mendapatkan bagian yang terbanyak. Pembaharuan hukum waris Islam dalam masalah hijab dalam Kompilasi terdapat dalam pasal 173 Kompilasi Hukum Islam: Seorang terhalang menjadi ahli waris apabila dengan putusan Hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, dihukum karena : dipersalahkan telah membunuh atau mencoba membunuh atau menganiaya berat pada pewaris serta dipersalahkan secara memfitnah telah mengajukan pengaduan bahwa pewaris telah melakukan suatu kejahatan yang diancam dengan hukuman 5 tahun penjara atau hukuman yang lebih berat. Dalam menentukan termasuk kategori penganiayaan berat harus dengan seksama demi terjaminnya kepentingan pewaris dan ahli waris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH117/ 09 Wij p
Uncontrolled Keywords: INHERITANCE AND SUCCESSION (ISLAMIC LAW)
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
R. AFQAH PUTRA IMAWIJAYA, 030315676UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 14 Jul 2009 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 02:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item