Efektivitas Ekstrak Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Sebagai Desinfektan Terhadap Mikroorgnisme Rongga Mum Pada Cetakan Alginat

Mochammad Tegar Subeqi, - (2014) Efektivitas Ekstrak Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Sebagai Desinfektan Terhadap Mikroorgnisme Rongga Mum Pada Cetakan Alginat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK KG 139-15 SUB E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Alginat merupakan salah satu bahan cetak kedokteran gigi yang mullah ditempeli mikroorganisme rongga mulut. Desinfektan diperlukan untuk meminimalisir mikroorganisme rongga mulut pada cetakan alginat. Ekstrak daun kersen (muntingia calahura 1) telah diketahui sebagai antimikroba karena mengandung flavonoid, tanin dan saponin. Perendaman ekstrak daun kersen pada cetakan alginat sebagai desinfektan setelah cetakan alginat dibersihkan dengan air mengalir Tujuan: Untuk mengetahui waktu yang paling efektif dari perendaman cetakan alginat didalam ekstrak daun kersen dalam menurunkan pertumbuhan mikroorganisme. Metode : Dua puluh delapan sampel cetakan alginat diambil dari tujuh responden. kemudian dibagi menjadi 4 group masing - masing : kontrol, 1 menit, 3 menit dan 5 menit kemudian dilakukan penhitungan bakteri dengan Colony forming unit. Hasil Terdapat perbedaan signifikan pada kelompok control, kelompok I menit, kelompok 3 menit dan kelompok 5 menit. karena pada uji Mann-Whitney dihasilkan p=0,002. Syarat uji Mann-Whitney r0,05. Waktu perendaman yang paling efelctifadalah 5 menit Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lama perendaman ekstrak daun kersen (5 menit). semakin setlikit jumlah koloni mikroorganisme rongga mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 139-15 SUB e
Uncontrolled Keywords: alginat, desifektan, ekstrak daun kersen, mikroorganisme rongga mulut
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Dental Material
Creators:
CreatorsNIM
Mochammad Tegar Subeqi, -NIM021111001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorUtari Kresnoadi, -NIM0011015403
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:48
Last Modified: 07 Sep 2023 16:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item