Pengaruh Orientasi Pasar, Intellectual Capital, dan Orientasi Pembelajaran Manajer terhadap Inovasi serta Kinerja Hotel Bintang Empat dan Lima di Jawa Timur

Mohamad Yusak Anshori (2009) Pengaruh Orientasi Pasar, Intellectual Capital, dan Orientasi Pembelajaran Manajer terhadap Inovasi serta Kinerja Hotel Bintang Empat dan Lima di Jawa Timur. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK DIS.E.10_10 Ans p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pariwisata akan menjadi industri terbesar di Dunia (Naisbitt, 1994: 131). Hampir semua negara di dunia berusaha keras mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Di Indonesia, masing-masing daerah mengembangkan potensi wisatanya seiring dengan perkembangan otonomi daerah yang semakin hari semakin kuat. Hotel merupakan salah satu komponen pariwisata yang memiliki peran penting karena keberadaannya secara ekonomi memberikan multiplier effect yang cukup luas. Pertumbuhan hotel bintang empat dan lima di Jawa Timur tidak diikuti dengan pertumbuhan tingkat hunian (occupancy) maupun pangsa pasar (market share) yang seimbang. Studi ini bermaksud untuk mengetahui apakah hotel bintang empat dan lima di Jawa Timur memiliki pemahaman terhadap orientasi pasar, intellectual capital yang mereka miliki, dan melakukan orientasi pembelajaran yang berkorelasi terhadap inovasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Penelitian ini dilakukan pada hotel bintang empat dan lima di Jawa Timur dan yang menjadi responden adalah para manajemya. Ada lima variabel penelitian yaitu variabel orientasi pasar, variabel orientasi pembelajaran, variabel intellectual capital, variabel inovasi, dan variabel kinerja. Untuk pengolahan dan pengujian data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan software SPss versi 14.00 untuk melakukan verifikasi analisis deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis model digunakan program SmartPLS 1.01. Hasil dari studi ini menguatkan temuan teoritis bahwa orientasi pasar, intellectual capital, dan orientasi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap inovasi dan kinerja. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa pengetahuan manajer tentang informasi pasar yang selalu up to date, pembelajaran yang terus-menerus, serta intellectual capital yang baik menjadikan hotel mampu melakukan peningkatan kerja serta berinovasi untuk menghasilkan produk-produk baru. Berdasarkan temuan ini, disarankan kepada para manajer hotel bintang empat dan lima untuk selalu mengupdate pengetahuan melalui pelatihan. Disamping itu para manajer juga harns aktif mencari informasi yang terjadi baik ke konsumen maupun ke pesaing.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK DIS.E.10/10 Ans p
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Modal Intelektual, Orientasi Pembelajaran, Inovasi, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
Mohamad Yusak AnshoriNIM090515655 D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHenky Supit, --
ContributorArsono Laksmana, -NIDN9900981424
ContributorBudiman Christiananta, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:42
Last Modified: 15 Nov 2022 10:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/118674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item