Pemodelan Tingkat Hunian Kamar (Occupancy) Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta Berdasarkan Pendekatan Analisis Intervensi

Nadia Murbarani (2020) Pemodelan Tingkat Hunian Kamar (Occupancy) Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta Berdasarkan Pendekatan Analisis Intervensi. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
KKB KK MPM 21-20 Mur p_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat hunian kamar hotel atau occupancy merupakan perbandingan jumlah dari kamar yang terpakai dengan jumlah dari kamar yang tersedia dalam persen. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan statistik Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta. Data yang diperoleh mengenai data tingkat hunian kamar bulanan dalam persen, dimulai dari bulan Januari 2012 hingga Maret 2019. Analisis time series merupakan salah satu metode peramalan dengan menggunakan analisis pola hubungan antara variable yang akan diperkirakan dengan variabel waktu, sehingga analisis time series sangat sesuai untuk memodelkan tingkat hunian hotel Grand Inna Malioboro Pada anal isis time series terdapat metode yang sesuai untuk mengatasi pola data yang berfluktuatif dan terdapat lompatan data secara tinggi atau rendah (ekstrim) yaitu metode analisis intervensi . . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan~ terjadi kenaikan yang sangat signifikan pada bulan Juli 2016 sebesar 45,83% menjadi 84,65. lntervensi tersebut terjadi karena bertepatan dengan libur Lebaran, kemudian setelah libur Lebaran usai, banyak turis mancanegara yang datang untuk melakukan summer vacation atau Iiburan musim panas dan juga pemerintah provinsi DIY mulai menggencarkan untuk membuka banyak objek wisata barn demi mendukung pariwisata Y Ogyakarta. Kemudian hasil pemodelan dan prediksi menunjukkan bahwa model intervensi lebih baik, dengan nilai MSE prediksi sebesar 47,73.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 21 20 Mur p
Uncontrolled Keywords: Analisis lntervensi, Tingkat Hunian Kamar, Malioboro, Pariwisata, Yogyakarta
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Nadia MurbaraniNIMi081511833019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedionoNIDN0007126105
Thesis advisorToha SaifudinNIDN0001067507
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:33
Last Modified: 08 Dec 2022 07:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item