Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Dalam Praktikum Struktur Perkembangan Hewan II

Saikhu Akhmad Husen, - and Dwi Winarni, - and Alfiah Hayati, - (2003) Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Dalam Praktikum Struktur Perkembangan Hewan II. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
LP_10_07 HUS P.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Sistem Pendidikan Nasional adalah menjadikan manusia Indonesia seutuhnya yang mempunyai kemampuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup lahir maupun batin secara mandiri, dan meningkatkan peranannya sebagai pribadi, warga masyarakat, warga Negara dan mahluk ciptaan Tuhan. Untuk itu peserta didik dituntut memiliki kemampuan yang multi dimensional yang mencakup ranah kognitif, psikomotor dan afektif Perguruan tinggi sebagai salah satu sub sistem pendidikan nasional juga berkewajiban untuk menghasilkan lulusan yang mempunyal kemampuan multidimensional terse but, sehingga peranan alumni perguruan tinggi di masyarakat dapat dirasakan manfaatnya. Untuk mencapai tujuan dimensional tersebut, maka diperlukan suatu metode instruksional yang tepat. Salah satu metode instruksional yang dianggap memenuhi tuntutan multidimensional yang mencakup ketiga ranah tersebut di atas adalah kegiatan praktikum. Ranah kognitif di dalam praktikum dapat dilatih melalui sintesis berbagai teori yang telah diterima melalui mata kuliah., ranah psikomotor dapat dilatih meIalui aktifitas memilih, mempersiapkan dan mempergunakan seperangkat peralatan yang tepat. sedangkan ranah afektif dapat dilatih dengan cara merencanakan aktifitas di dalam praktikum, sehingga dapat memenuhi batas waktu yang ditetapkan melalui mekanisme keIjasama di dalam satu kelompok. Jurusan Biologi FMIP A Universitas Airlangga sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang merupakan sub sistem Pendidikan Nasional juga melaksanakan dan menyelenggarakan kegiatan praktikunI sebagai salah satu upaya untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan multidimensional. Salah satu jenis kegiatan praktikum yang dilaksanakan di jllrusan Biologi FMlP A Universitas Airlangga adalah praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan D (SPH II ) / Histologi Hewan. Dari data nilai mahasiswa jrusan Biologi tiga tahtID terakhir, menunjukkan bahwa rerata perolehan nilai mahasiswa kurang memuaskan ( lampiran I ), di mana rerata perolehan nilai A = 6,7%, nilai AB = 11 , 1 %, nilai B = 45%, nilai BC = 17,3%, nilai C = 12,7%, nilai D = 3,8% dan nilai E = 2,3%. Untuk itu perIlI dillpayakan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan perolehan nilai mahasiswa, terutama perolehan nilai A dan AB. Kegiatan praktikum ini dirancang lIntuk menjawab perrnasalahan : Apakah penggunaan Media Visual dengan piranti komputer dapat meningkatkan motivasi mahasiswa terhadap materi praktikum struktur perkembangan hewan II / Histologi Hewan ?, Apakah pemanfaatan sarana komputer dalam praktikurn SPH II Histologi Hewan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi praktikum struktur perkembangan hewan II / Histologi Hewan ? Seadangkan tujllan dari kegiatan ini adalah ulltuk : Meningkatkan motivasi mahasiswa terhadap materi praktikum struktur perkembangan hewan II I Histologi hewan melalui sarana komputer sebagai media visual pembelajaran, Membantu mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman materi praktikum struktur perkembangan hewan II / Histologi Hewall , baik secara substansi, kognitif maupun afektif, Mengembangkan suatu model materi praktikum struktur perkembangan hewan II I histology hewan yang hemat biaya dan manfaat tinggi. Berdasarkan hasil angket dapat diketahui bahwa indeks kepuasan mahasiswa untuk penyelenggaraan praktikum struktur perkembangan hewan II / Histologi hewan ini adalah sebesar 75,79%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas terhadap pelaksanaan kegiatan praktikum dengan mengkombinasikan pengamatan dengan mikroskop dan pengamatan serta latihan melalui intranet di Laboratorium c Komputer . Tingginya nlai kepuasan ini hamper merata pada semua komponen yang ditanyakan dalam angket, kecuali pada kode Ren 1.6 yang menanyakan tentang cukup tidaknya topic yang diberikan dengan menggunakan computer, sebagaian besar mahasiswa merasa tidak cukup, hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan praktikwn mahasiswa hams dibagi menjadi dua kelompok dan bekerja men gunakan computer secara bergantian serta tidak seluruh topic yang ada dapat diakses melalui computer, untuk itu dalam pelaksanaan kegiatan praktikum di tallun mendatang diupayakan adanya penambahan jumlah computer, sehuingga mahasiswa cukup memptmyai waktu dan topic yang diberikan lewat computer diupayakan lebih banyak dan lebih bervariatif. Dari data yang menunjukkan distribusi perolehan uilai praktikum SPH 11 Histologi hewan ( tabel 3.1 dan 4.2 ),. Dapat diketahui bahwa jka dibandingkan dengan angkatan sebelumnya yang tidak mendapatkan perlakuan hibah pengajaran, perolehan nlai A dan AB juga tampak mengalami peningkatan , walaupun perolehan nilai A mahasiswa peserta praktikum dengan perlakuan metode visual dengan komputer belum mengalami peningkatan yang diharapkan ( < 10%). Sedangkau perolehan nila AB sudah melampaui target yang diharapkan ( > 20%), sehiugga dari hasil iui dapat dapat dikatakan bahwa kegiatan praktikum yang menggunakan kombinasi praktuikum antara pengamatan dengan mikroskop yang disubstitusi dengan media visual menggunakan komputer, sudah mencapai tujuan yang diharapkan. Dari hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan Media Visual dengan piranti komputer dapat meningkatkan motivasi mahasiswa terhadap materi praktikum struktur perkembangan hewan II I Histologi Hewan, Pemanfaatan sarana komputer dalam praktikum SPH II I Histologi Hewan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi praktikum yang dibuktikan dengan peningkatan persentase mahasiswa yang memperoleh nilai A dan AB. Mengingat begitu besar minat mahasiswa jurusan Biologi dalam melakukan pengamatan dan latihan di luar jam kegiatan praktikum dengan menggunakan komputer, perlu difikirkan dimasa yang akan datang sebaiknya Jurusan Biologi FMIPA Unair menambah jumlah komputer yang tersedia.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP. 10/05 Hus p
Uncontrolled Keywords: Media visual; praktikum; struktur perkembangan hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Saikhu Akhmad Husen, --
Dwi Winarni, --
Alfiah Hayati, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:53
Last Modified: 09 Dec 2022 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item