Hubungan antara Decisional Self-Esteem dengan Attitude Towards Achievement pada Pengguna Media Sosial

Waviansyah, Mochammad Hubungan antara Decisional Self-Esteem dengan Attitude Towards Achievement pada Pengguna Media Sosial. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text
Jurnal-BRPKM_Mochammad Waviansyah.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara decisional self-esteem terhadap attitude towards achievement individu pengguna media sosial. Perceived deservingness sendiri merupakan penyebab langsung dari attitude towards achievement, yang selanjutnya juga merupakan prediktor dari perilaku schadenfreude di media sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Kriteria responden adalah pengguna media sosial. Metode pengumpulan data adalah survey dengan menggunakan kuesioner online. Instrumen yang digunakan yaitu Tall Poppy Attitudes untuk mengukur variabel attitude towards achievement serta Decisional Self-Esteem Questionnaire untuk mengukur variabel decisional self-esteem. Total responden yang didapatkan sejumlah N = 155. Analisis yang data yang dilakukan adalah uji korelasi Pearson Product Moment menggunakan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan adanya korelasi yang bersifat positif antara decisional self-esteem dan attitude towards achievement (N=155, r=0.159. p<0.05).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Waviansyah, Mochammad111811133096
Depositing User: Mochammad Waviansyah
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:58
Last Modified: 09 Jan 2023 00:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119432
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item