MADIHA MUKHTAR, 131414153041 and Nursalam, - and Ninuk Dian Kurniawati, - and - (2016) PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN INDONESIA TENTANG PERILAKU CARING DAN KARAKTERISTIK PENGAJARAN PEMBIMBING AKADEMIK (Perception Of Indonesian Nursing Students Regarding Caring Behavior And Teaching Characteristics Of Their Clinical Nursing Instructors). Jurnal Ners, 11 (2). pp. 186-194. ISSN pISSN: 1858-3598, eISSN: 2502-5791
Text (Artikel)
Artikel.pdf Download (311kB) |
|
Text (KARIL)
KARIL.pdf Download (1MB) |
|
Text (Turnitin)
Turnitin.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendahuluan: Pembelajaran dan kinerja mahasiswa mencerminkan sikap profesional, perilaku, etika dan standar pembimbing mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa Keperawatan Indonesia mengenai perilaku caring dan karakteristik pengajaran pembimbing akademik mereka. Metode: Studi cross-sectional eksplorasi ini menggunakana partisipan sebanyak 149 mahasiswa profesi keperawatan dari program regular dan alih jenis serta 15 pembimbing akademik fakultas keperawatan dari universitas negeri yang terletak di Surabaya Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan focus group discussion (FGD) yang dilakukan untuk menggali informasi secara rinci. Hasil: Analisis deskriptif didapatkan 6% mahasiswa merasakan perilaku caring instruktur klinik mereka rendah, 52,3% merespon sebagai cukup dan 41,6% dianggap baik. Karakteristik pengajaran pembimbing akademik 2,7% rendah, 26,8% cukup dan 70,5% baik dirasakan oleh siswa mereka. Data yang dikumpulkan dari siswa dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik. komitmen profesional dengan (P-value 0,038), motivasi (P-value 0,010) dan lingkungan klinik (P-value 0,002) dalam kategori utama (nilai signifikansi adalah <0,05) menunjukkan pengaruh pada persepsi mahasiswa keperawatan Indonesia mengenai perilaku caring dan karakteristik pengajaran pembimbing akademik mereka. Pada focus group discussion siswa menyarankan agar pembimbing akademik meningkatkan jumlah kunjungan di lingkungan klinik dan menekankan pada demonstrasi di samping tempat tidur. Diskusi: Kesimpulan yang didapat bahwa karakteristik siswa memiliki pengaruh pada persepsi mereka mengenai perilaku caring dan lingkungan klinik mempengaruhi persepsi mereka mengenai karakteristik pengajaran pembimbing akademik mereka.
Item Type: | Article | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku caring, persepsi mahasiswa keperawatan, karakteristik pengajaran, instruktur Keperawatan akademik | ||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing | ||||||||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners | ||||||||||
Creators: |
|
||||||||||
Depositing User: | Eko Kuswanto | ||||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2023 01:04 | ||||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2023 01:04 | ||||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120334 | ||||||||||
Sosial Share: | |||||||||||
Actions (login required)
View Item |