MODEL PENINGKATAN PERILAKU CARING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA KEPERAWATAN KRITIS(Model of Caring Behavior Improvement to Achieve the Competence in Critical Care Nursing)

Herdina Mariyanti, - and Nursalam, - and Ninuk Dian Kurniawati, - and - (2015) MODEL PENINGKATAN PERILAKU CARING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA KEPERAWATAN KRITIS(Model of Caring Behavior Improvement to Achieve the Competence in Critical Care Nursing). Jurnal Ners, 10 (1). pp. 158-164. ISSN Online ISSN : 2502-5791 Print ISSN : 1858-3598

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (674kB)
[img] Text (KARIL)
KARIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/2...

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa keperawatan harus mengembangkan kemampuan untuk memahami dan mempelajari bentuk caring seorang perawat profesional dengan sudut pandang yang berbeda dan menerapkan pengetahuan yang didapat ke dalam praktik keperawatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan model peningkatan perilaku caring pada mahasiswa program pendidikan profesi Ners terhadap pencapaian kompetensi asuhan keperawatan. Metode: Desain penelitian ini yaitu survey eksplanasi dan pra experimen. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa yang melaksanakan praktik di ruangan Intensive Care Unit (ICU). Variabel independen pada penelitian ini yaitu sikap, kepribadian, motivasi dan job design. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu perilaku caring dan kompetensi mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner untuk variabel independen, sedangkan untuk variabel dependen yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis Partial Least Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa loading faktor antara sikap, kepribadian, motivasi, dan job design terhadap perilaku caring mahasiswa > 1,96. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa loading faktor pada perilaku caring mahasiswa terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa > 1,96. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sikap, kepribadian, motivasi dan job design terhadap perilaku caring mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku caring terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa. Pembahasan: Hal tersebut membuktikan bahwa sikap, kepribadian, motivasi, job design dari mahasiswa akan mempengaruhi pembentukan perilaku caringmahasiswa. perilaku caring mahasiswa akan mempengaruhi pencapaian kompetensi mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perilaku caring, kompetensi, ICU
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Herdina Mariyanti, --
Nursalam, -NIDN0025126601
Ninuk Dian Kurniawati, --
--
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:32
Last Modified: 08 Mar 2023 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item