Hubungan Pelaksanaan Surgical Safetr Checklist Dengan Perilaku Pencegahan Adverse Event Di Kamar Operas! Rumah Sakit Premier Surabaya

Catharina Diani Siswanto, - (2014) Hubungan Pelaksanaan Surgical Safetr Checklist Dengan Perilaku Pencegahan Adverse Event Di Kamar Operas! Rumah Sakit Premier Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Catharina Diani Siswanto 13121112304020230303_10302140_compressed.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Patient Safety juga merupak:an salah satu dimensi mutu yang saat ini menjadi pusat perhatian para prak:tisi pelayanan kesehatan dalam skala nasional maupun global. World Health Organization (WHO) memperkirak:an sedikitnya ada setengah juta kematian akibat pembedahan yang sebenarnya bisa dicegah. Program safe surgery saves lives memperkenalkan dan melak:ukan uji coba surgical safety checklist sebagai upaya untuk keselamatan pasien dan mengurangi jumlah angka kematian di seluruh dunia. Tujuan utama dari surgical safety checklist untuk menurunkan Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) di kamar operasi.. Tujuan: Mengetahui seberapa besar pelak:sartaan surgical safety checklist dan mencari hubungan antara pelaksanaan surgical JXltient safety dengan perilaku adverse events di kamar operasi Rumah Sakit Premier S urabaya Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini adalah semua perawat di kamar operasi Rumah Sakit Premier Surabaya, beberapa dokter bedah dan anestesi pada periode Februari 2014 di karnar operasi rumah sakit Premier Surabaya . Variabel dari penelitian ini adalah pencegahan perilaku adverse event : surgical safety cultur oleh dokter , perilaku JXltient safety oleh perawat dan pelaksanaan surgical safety checklist. Observasi dilakukan dengan menggunakan instrumen checklist surgical ]Xltient safety, kuesioner patient safety untuk dokter dan perawat . Data dianalisis dengan exact sig dan Fisher's exact tes. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan p value 0,001 , p < 0,005 , artinya terdapat hubungan antara pelaksanaan surgical safety checklist dengan perilaku pencegahan adverse event di kamar operasi Rumah Sakit Premier Surabaya. Diskusi: pelak:sanaan surgical safety checklist adalah perilaku ]Xltient safety yang harus dilak:ukan oleh dokter bedah , dokter anestesi dan perawat kamar operasi untuk menjamin keselamatan pasien yang menjalani operasi, dan meminimalkan terjadinya adverse event.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan surgical safety checklist, perilaku pencegahan adverse event : perilaku surgical safety cultur oleh dokter , perilaku ]Xltient safety oleh perawat. pelaksanaan surgical safety checklist, perilaku pencegahan adverse event : perilaku surgical safety cultur oleh dokter , perilaku ]Xltient safety oleh perawat.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Catharina Diani Siswanto, -NIM131211123040
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIRA SUARILAH, -NIDN'0001087705
Thesis advisorHERDINA INDRIJATI, -NIDN'0021037205
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:12
Last Modified: 08 Mar 2023 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120368
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item