Distribusi Radioaktif Na1311 Pada Organ Tubuh Tikus Betina Bunting Dan Betina Tidak Bunting ( rattus norvegious)

Djohar Windrijo, - (1998) Distribusi Radioaktif Na1311 Pada Organ Tubuh Tikus Betina Bunting Dan Betina Tidak Bunting ( rattus norvegious). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
DJOHAR WINDRIJO20230304_12595323_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sesuai dengan penelitian yang terdahulu, baik pada manusia maupun hewan terbukti bahwa yodium. Dalam tubuh akan ditimbun dalam tiroid. Hal ini terlihat dengan tingginya harga radioaktifitas pada tiroid, berarti yodium radiokatif tertimbun sebagian besar pada tiroid. Dari keempat pengamatan dengan waktu yang berbeda yaitu; 3, 6 , 12 dan 24 jam terjadi peningkatan penimbunan. Pada kebuntingan terjadi peningkatan pengambilan (up take) yodium karena kebutuhan akan yodium meningkat untuk bahan hormon tiroid. Horman tiroid merupakan harmon yang berperan dalam proses metabolisme daLam tubuh. Kebutuhan yodium men.ingkat karena pada hewan yang sedang bunting metabolism tubuh meningkat untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Dalam darah yodium radioaktif tidak cepat menurun kada.rnya karena yodium radioaktif. terserap oleh tiroid dan menjadi harmon tiroid kemudian dilepas ke sirkulasi darah sehingga kandungannya dalan darah tidak hilang dengan cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radioaktif Na1311 Pada Organ Tubuh Tikus Betina Bunting Dan Betina Tidak Bunting
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Djohar Windrijo, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorLABA MAHAPUTRA, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:13
Last Modified: 16 Mar 2023 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item