Abdul Ghofar
(2005)
Hubungan Stresor Dengan Stres Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Perawatan Darul Ulum Jombang.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Stresor lingkungan fisik, stresor lingkungan psikologis dan beban belajar merupakan umber sires sehingga mahasiswa bisa berada pada kondisi stress. Styes yang dialami mahasiswa akan sangat mempengaruhi tcrhadap proses belajar Tnengajar sehingga akan berdampak pada prestasi belajar mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan stresor mahasiswa dengan stres dan prestasi belajar mahasiswa Akademi Perawatan Darul Mum Jombang.
Design yang digunakan dalarn penelitian ini adalah cross sectional. Sampel terdiri dari 75 respondent yang diambil Hari mahasiswa Akademi Perawatan Darul Ulum semester III. Veriabel independen adalah stresor mahasiswa dan vcriabcl dependen adalah sties mahasiswa dan prestasi belajar mahasiswa. Sampel yang diambil menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul Dianalisis dengan Spearman Rho Tes dengan tingkat kemaknaan p 0,05.
Hasa analisa menunjukkan huhungan antara stresor mahasiswa dengan stress mahasiswa p =0,000 ) dan hubungan succor mahasiswa dengan prestos' belajar mahasiswa p = 0.000). Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan antara stresor mahasiswa dengan stres mahasiswa dan stresor mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bcrrnakna antara stresor mahasiswa dengan sties mahasiswa dim stresor mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. Semakin tinggi stresor yang diterima maka semakin tinggi stress yang dialami dan semakin rendah stresor yang diterima tnaka semakin tinggi prestasi belajar yang dicapal. Bebcrapa hal yang bisa dilakukan adalah peningkatan sarana belajar, meneiptakan lingkungan yang kondusif dan pcngelolaan materi belajar asrama yang sesuai dcnagan kemampuan.
Actions (login required)
|
View Item |