PENGARUH SERVICE ORIENTATION TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PADA PEKERJAAN KARYAWAN PT. BANK MANDIRI PERSERO) Tbk. SURABAYA

Safina Halida Pratiwi, 040317732 (2007) PENGARUH SERVICE ORIENTATION TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PADA PEKERJAAN KARYAWAN PT. BANK MANDIRI PERSERO) Tbk. SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-pratiwisaf-8720-b23608-k.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-pratiwisaf-8778-b23608.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Orientasi pada pelayanan (Service Orientation) merupakan kunci kesuksesan keberhasilan perusahaan jasa. Service Orientation akan lebih tercipta dengan baik dalam perusahaan jika menjadikan Service Orientation sebagai iklim dari perusahaan. Menjadikan service orientation sebagai iklim dari perusahaan akan membuat karyawan merasa puas akan pekerjaannya, wujud kepuasan karyawan akan pekerjaannya adalah dapat ditunjukkan oleh perilaku karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan melayani nasabah dengan baik. Karyawan yang merasa puas dengan pekerjaan akan memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan, sehingga mereka akan melakukan hal yang terbaik untuk perusahaan. Terkait dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung Service Orientation terhadap Komitmen Organisasi dan pengaruh tidak langsung antara Service Orientation terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan pada Pekerjaan. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu: Service Orientation, Kepuasan pada Pekerjaan, dan Komitmen Organisasi. Sampel penelitian adalah karyawan PT. BANK MANDIRI (PERSERO)Tbk. Surabaya yang berjumlah 100 karyawan pada bagian frontliner yaitu customer service officer, customer service representative, head teller dan teller. Berdasarkan landasan teori yang digunakan dan rumusan masalah yang diajukan terdapat 2 hipotesis yang akan diuji. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian menunjukkan: (1) Service Orientation berpengaruh langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi, (2) Service Orientation berpengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi melalui Kepuasan pada Pekedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 236/08 Pra p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; ORGANIZATIONAL BEHAVIOR; ACCOUNTANS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Safina Halida Pratiwi, 040317732UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dra.,Ec.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 03 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Jul 2016 09:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item