Pengembangan Model Loyalitas Mahasiswa Keperawatan Pada Pendidikan Tinggi Keperawatan Di Politeknik Kesehatan Banjarmasin

Hammad (2013) Pengembangan Model Loyalitas Mahasiswa Keperawatan Pada Pendidikan Tinggi Keperawatan Di Politeknik Kesehatan Banjarmasin. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
HAMMAD.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Loyalitas mahasiswa keperawatan adalah pennasalahan pcnting untuk diperhatikan oleh institusi pendidikan tinggi keperawatan agar hisa tents bersaing di tengah pertumbuhan dan perkembangan institusi pcndidikan keperawatan di masa sekarang ini. Loyalitas mahasiswa terkait erat dengan kepuasan mahasiswa pada layanan yang diberikan oleh institusi pcndidikan keperawatan disamping dipenganthi oleh perceived value, harapan dan quail:), assurance pendidikan tinggi keperawatan. Titan penelitian ini adalah mengembangkart suatu model loyalitas mahasiswa keperawatan pada pendidikan tinggi keperawatan di Poltekkes Banjarmasin. Penelitian ini mcrupakan penelitian eksplanatif dertgan pendekatan cross sectional. Populasi adalah mahasiswa di Jurusan Keperawatan Poltekkes Banjarmasin dengan besar sampel sebanyak 112 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian kuisioner dan data dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh customer expectation tcrhadap quality assurance pendidikan tinggi keperawatan (2) terdapat pen arch customer expectation terhadap perceived value mahasiswa (3) terdapat pengaruh customer expectation terhadap customer satisfaction (4) terdapat pengaruh quality assurance terhadap perceived value mahasiswa (5) tidak terdapat pengaruh quality assurance terhadap customer satisfaction (6) terdapat pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction (7) terdapat pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty. Kesirnpulan penelitian adaIab (1) Pengetnbartgan Model Loyalitas Mahasiswa Kepemwatan dikentbangkan rnelalui pcningkatan kepuasan mahasiswa yang dibentuk oleh Perceived Value dimana Perceived Value dibangun dari dua aspek yaitu harapan mahasiswa dan Quality Assurance pendidikan tinggi (2) Quality Assurance Pendidikan Tinggi kesehatan tidak berpenganth langsung terhadap peningkatan kepuasan mahasiswa, akan tetapi secara tidak langsung dengan membentuk Perceived Value mahasiswa (3) Kepuasan mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keperawatan mempunyai pengaruh paling dominan tcrhadap loyalitas mahasiswa dibandingkan oleh ask lain dalam Model Loyalitas mahasiswa. Model loyalitas ini dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa pada pendidikan keschatan dimana pcningkatan loyalitas menekankan pada peningkatan kepuasan mahasiswa. Penelitian lcbih lanjut agar dapat menganalisis pengaruh word to mouth (getok tular) terhadap loyalitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Mahasiswa, Pendidikan Tinggi Keperawatan
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HammadNIM131141002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, M. NursNIDN0025126601
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:38
Last Modified: 28 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item