Mengurangi Kebiasaan Merokok Dengan Terapi Akupunktur Pada Titik Tianweixue (Ex-21), Sanyinjiao (Sp-6) Dan TaiChong (Lv-3) Serta Menurunkan Efek Merokok Menggunakan Herbal Timi (Thymus Vulgaris)

Alfita Rakhma Yuli (2014) Mengurangi Kebiasaan Merokok Dengan Terapi Akupunktur Pada Titik Tianweixue (Ex-21), Sanyinjiao (Sp-6) Dan TaiChong (Lv-3) Serta Menurunkan Efek Merokok Menggunakan Herbal Timi (Thymus Vulgaris). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
alfita.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Merokok merupakan suatu kebiasaan dan berlanjut pada ketergantungan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi adalah dari Psikologis dan lingkungan. Stres yang tinggi dapat memacu keinginan merokok lebih tinggi. Dalam jangka waktu yang lama merokok dapat menyebabkan faktor timbulnya penyakit- penyakit medik tertentu. Asap rokok di dalamnya mengandung juga 30 bahan karsinogenik yang telah diketahui secara pasti menyebabkan kanker. Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh rokok adalah Penyakit paru, Penyakit jantung koroner, Impotensi, kanker kulit, mulut, bibir dan kerongkongan, merusak otak dan indera serta dapat mengancam kehamilan. Pasien merokok dapat di terapi dengan akupunktur untuk mengurangi kebiasaan merokok dan pemberian terapi herbal untuk mengurangi efek yang ditimbulkan rokok. Akupunktur dengan menggunakan titik utama Tianweixue (EX-21), Sanyinjiao (SP-6) dan Taichong (LV-3) serta titik tambahan Feishu (BL-13) dan Pishu (BL-20) yang dilakukan sebanyak 12 kali terapi. Sedangkan terapi herbal digunakan untuk mencegah efek yang ditimbulkan rokok digunakan herbal timi yang diseduh sehari sebanyak 4 gram kering diminum tiga kali sehari masing-masing 150 ml. Berdasarkan terapi di atas pasien mampu mengurangi pengurangan jumlah rokok dalam satu bulan terapi hingga 50%

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan merokok, akupunktur, herbal timi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2220-2283 Tobacco industry
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Alfita Rakhma Yuli011104022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBambang Poernomo S-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:29
Last Modified: 30 Mar 2023 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121320
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item