Penanganan Nyeri Kep Ala Menggunakan Terapi Akupunktur P Ada Titik Baihui (Du20), Touwei (St8), Hegu (Li4) Dan Taichong (Lr3) Dengan Terapi Herbal Kombinasi Temula W Ak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb.) Dan Jint An Idtam (Nigella Sativa Linn.)

Amelia Ittihaada, - (2015) Penanganan Nyeri Kep Ala Menggunakan Terapi Akupunktur P Ada Titik Baihui (Du20), Touwei (St8), Hegu (Li4) Dan Taichong (Lr3) Dengan Terapi Herbal Kombinasi Temula W Ak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb.) Dan Jint An Idtam (Nigella Sativa Linn.). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.PT.05-05 Itt P.pdf

Download (29MB)
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri kepala sering kali dijumpai dalam praktek medis sehari-hari. Nyeri kepala sering kali terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Pada umumnya nyeri kepala yang terjadi disebabkan oleh stIes, mata lelah dan makanan!minuman teltentu. Perlu diketahui bahwa nyeri kepala secara konvensional merupakan gejala yang menyertai suatu penyakit. Nyeri kepala sebagian besar disebabkan oleh ketegangan otot, gangguan psikis, atau nyeri kepala tanpa penyebab yangjelas. Pada kasus ini pasien mengeluhkan nyeri kepala di bagian depan. Gangguan emosional mernicu timbulnya nyeri kepala tersebut. Pasien tergolong nyeri kepala dengan diferensiasi sindrom Hiperaktivitas Yang Hati. Nyeri kepala tersebut dapat ditangani dengan terapi akupunktur dan terapi herbal dengan prinsip menurunkan Yang Hati, melancarkan aliran Qi, dan menenangkan pikiran. Terapi akupunktur dilakukan dalam 4 tahap masing-masing 3 kali terapi dengan selang waktu 2 hari sekali selarna 24 hari dengan merangsang titik-titik utama Baihui (DU20), Touwei (ST8), Hegu (LI4) dan Taichong (LR3). Sediaan herbal yang diberikan adalah kombinasi herbal dari rimpang temulawak dan jintan hitam dengan dosis rnasing-masing 5 g dalam 800 rnl air diminum 3 kali sehari setelah makan. Hasil studi kasus membuktikan adanya penurunan rasa nyeri selama 24 hari pada pasien. Untuk perkembangan kesehatan pasien secara maksimal pasien disarankan untuk meminimalisir stres, menghindari ketegangan saraf atau lebih bisa mengontrol emosi, pasien disarankan untuk makan teratur, mengurangi mengonsumsi makanan berasa pedas, tidak mengonsumsi makanan berasa as am, disarankan tidur tidak menggunakan kipas angin, makan teratur, olahraga teratur, rnisalnya jogging. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa teknik akupunktur dengan titik Baihui (DU20), Touwei (ST8), Hegu (LI4), Taichong (LR3) dan titik tambahan Sanyinjiao (SP6) serta pemberian herbal dekokta temulawak dan jintan hitam dapat menurunkan rasa nyeri kepala pasien walaupun tidak menutup kemungkinan nyeri . bisa kambuh lagi dan keluhan tambahan sudah tidak dirasakan lagi oleh pasien.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.PT.05-05 Itt P
Uncontrolled Keywords: Nyeri Kepala, Akupunktur, Titik Baihui
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Amelia Ittihaada, -NIM011210413037
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMAYA SEPTRIANA, -NIDN0014096909
Thesis advisorSRI AGUS SUDJARWO, -NIDN0004095603
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:04
Last Modified: 31 Mar 2023 08:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121520
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item