PERAN EKSTRAK Phyllanthus ninth TERHADAP PROSES SPERMATOGENESIS MENCIT (Mus musculus)

RIYANTONO SARNO, - (2000) PERAN EKSTRAK Phyllanthus ninth TERHADAP PROSES SPERMATOGENESIS MENCIT (Mus musculus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
TKR 02-01 SAR P_.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ekstrak Phyllanthus niruri L, suatu tanaman that telah banyak digunakan sebagai imunostimulator untuk penyakit - penyakit yang memerlukan manipulasi sistem imun, penggunaanya dalam jangka panjang. Tetapi sampai saat ini belum diketahui efek tanaman obat ini terhadap organ reproduksi khususnya pada pria. Phyllanthus niruri L ini merangsang aktivitas monosit/ makrofag serta sel-sel imunogenik untuk mensekresi sitokin, penelitian terdahulu tentang pengaruh sitokin terhadap proses spermatogenesis masih berbeda-beda, ada yang merangsang, ada yang menghambat dan ada penelitian yang menyebutnya tidak berefek, yang berefek terhadap spermatogenesis adalah aktivitas dari monosit/ makrofag intratestikular. Seperti diketahui bahwa organ terpenting pada sistem reproduksi pria adalah testis, sehingga bila ingin mempelajari pengaruh ekstrak tanaman obat ini terhadap sistem reproduksi pria, lebih diutamakan bila kita meneliti testis dengan segala aspeknya baik sel-sel intratestikular, hormonal maupun pengaruh dari poros hipotalamus - hipofise - tetis serta sistem imun tubuh yang dipelajari pada penelitian ini. de Kretser (1995), Perubahan kadar testosteron akan mengakibatkan perubahan spermatogenesis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKR 02/01 Sar p
Uncontrolled Keywords: Phyllanthus ninth ,SPERMATOGENESIS,Mus musculus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Reproduksi
Creators:
CreatorsNIM
RIYANTONO SARNO, -NIM099813088/M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSoehartojo, --
ContributorSuprapto Ma'at, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 01 Apr 2023 02:58
Last Modified: 01 Apr 2023 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item