EFISIENSI PENGGUNAAN KULIT BIJI COKELAT YANG DIFERMENTASI SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL TERHADAP DAYA CERNA BAHAN KERING DAN SERAT KASAR PADA AYAM PEDAGING

Sandi Erba Saputra, - (1998) EFISIENSI PENGGUNAAN KULIT BIJI COKELAT YANG DIFERMENTASI SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL TERHADAP DAYA CERNA BAHAN KERING DAN SERAT KASAR PADA AYAM PEDAGING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Full Text)
SANDI ERBA SAPUTRA_compressed.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"mencari dosis terbaik dalam menurunkan kadar serat kasar kulit biji cokelat. Dalam tahap ini dilakukan fermentasi kulit biji cokelat dengan ragi tape sebagai inokulan. Rancangan penehtian yang dipergunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan enam perlakuan yang masing-masing perlakuan terdiri dari empat kali ulangan. Enam perlak:uan tersebut adalah penamhahan dosis ragi tape sebesar 0, 2, 4, 6, 8 dan 10% dari berat kulit biji cokelat yang digunakan dan bila terdapat perbedaan dilanjutkan uji Beda Nyata Juj ur dengan tingkat signiftkansi 5%. Perlakuan dilakukan selama satu minggu. Tahap kedua untuk mengetalmi daya cema bahan kering dan serat kasar kulit biji cokelat yang telah difermentasi dengan dosis terbaik sebagai substitusi pakan komersial. Dalam tahap ini digunakan 35 ekor ayam pedaging jantan strain Hubbard umur satu hari sebagai hewan coba. Rancangan penelitian yang dipergunakan ada:Jah Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan yang masing-masing perlakuan terdiri dari tujuh kali ulangan. Lima perlakuan tersebut adalah PO, Pl, P2, P3 dan P4 dengan tingkat pemberian kulit biji cokelat fermentasi sebesar 0, 5, 10, 15 dan 20% dari total ransum dan hila terdapat perbedaan dilanjutkan Uji Beda Nyata Jujur dengan tingkat signiftkansi 5%. Perlakuan dilakukan selama enam minggu. Hasil penelitian tahap pertama menunjukkan babwa terdapat perbedaan yang sangat nyata (p<O,O 1) dian tara perlakuan tingkat pemberian dosis ragi tape terhadap penurunan kadar serat kasar kulit biji cokelat. Hasil tahap kedua menunjukkan bahwa daya cerna bahan kering dan serat kasar dari kelima perlakuan tingkat pemberian kulit biji cokelat yang difermentasi mernberikan perbedaan yang sangat nyata (p< 0,01 ). Dari penelitian ini dapat disarankan bahwa kulit biji cokelat yang telah diolah secara fem1entasi dengan ragi tape dosis 4% dapat diberikan sebagai substitusi pakan komersial sampai tingkat 15% karena masih memberikan daya cerna bahan kering dan serat kasar yang baik walaupun harus dipertimbangkan pengaruh nyata pada pertbnnan ayam pedaging."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kulit Biji Coklat, Pakan, Ayam Pedaging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sandi Erba Saputra, -069312035
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:05
Last Modified: 01 Apr 2023 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item