Penelitian aksi terhadap guru PAUD dan TK: meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bullying di sekolah melalui kegiatan psikoedukasi

Ike Herdiana, NIDN. 0022057505 (2020) Penelitian aksi terhadap guru PAUD dan TK: meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bullying di sekolah melalui kegiatan psikoedukasi. Jurnal Psikologi Udayana, 7 (2). pp. 1-15. ISSN 2354 5607

[img] Text (Artikel)
27. Penelitian aksi terhadap guru PAUD dan TK meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bullying di sekolah melalui kegiatan psikoedukasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Penilaian Kulalitas Karil)
10 Penelitian aksi terhadap guru PAUD dan TK meningkatkan pengetahuan pendidik tentang bullying di sekolah melalui kegiatan psiko.pdf

Download (445kB)
Official URL: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article...

Abstract

Perundungan (bullying) kini menjadi permasalahan sosial yang mengkhawatirkan di bidang pendidikan karena memberikan beragam dampak negatif secara fisik maupun psikologis pada korban, pelaku dan saksi. Perundungan juga menjadi perhatian pihak Puskesmas Dupak Surabaya karena banyak pasien dengan permasalahan psikologis memiliki riwayat menjadi korban perundungan di sekolah. Salah satu penyebab perundungan di sekolah adalah kurangnya keterlibatan dan pemahaman guru mengenai perundungan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai perundungan, sehingga guru dapat berperan lebih efektif dalam mencegah kejadian perundungan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian aksi dengan metode psikoedukasi, diskusi kasus dan pre-post test. Peserta kegiatan ini adalah perwakilan guru�guru PAUD/TK yang berada di kawasan Dupak Surabaya dan dilaksanakan di Puskesmas Dupak Surabaya. Hasil analisis pre-post test dengan uji Wilcoxon menunjukkan angka signifikansi 0.000 (p<0.05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan edukasi. Hasil observasi dan diskusi kasus menunjukkan peserta mengetahui langkah-langkah awal yang dapat dilakukan apabila berhadapan dengan kasus perundungan di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Ike Herdiana, NIDN. 0022057505UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Nur Qomari
Date Deposited: 05 Apr 2023 00:12
Last Modified: 05 Apr 2023 00:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item