Pengaruh Faktor Pembatasan Pemberian Jumlah Ransum Dan Bentuk Fisik Ransum Terhadap Pertambahan Berat Badan, Berat Badan Akhir Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan

Devy Robinson Nainggolan, - (1992) Pengaruh Faktor Pembatasan Pemberian Jumlah Ransum Dan Bentuk Fisik Ransum Terhadap Pertambahan Berat Badan, Berat Badan Akhir Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Devy Robinson Nainggolan_068711330_Pengaruh Faktor Pembatasan_FK_1992.pdf

Download (23MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pernelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan pemberian jumlah ransum dengan bentuk fisik yang berbeda terhadap pertambahan berat badan, berat badan akhir dan konversi pakannya. Dalam penelitian ini menggunakan 30 ekor ayam pedaging Strain Hubbard yang dibagi menjadi enam secara acak, masing-masing mendapat perlakuan pembatasan pemberian jumlah ransum yang dikombinasi dengan bentuk fisik yang berbeda. Pemberian ransum yang dilakukan adalah ad libitum, 90 persen dan 80 persen sedangkan bentuk fisik yang digunakan adalah bentuk tepung dan butiran. Metode yang dipakai adalah Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial (2x3) sehingga diperoleh enam perlakuan kombinasi yang masing-masing diulang sebanyak lima kali . Penelitian ini berlangsung selama enam minggu. Penelitian ini juga didukung oleh penelitian pendahuluan untuk mendapatkan standart konsumsi pakan ayam pedaging tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan pembatasan pemberian jumlah ransum, bentuk fisik ransum dan interaksinya adalah sangat nyata (P < 0,01) mempengaruhi berat badan, pertambahan berat badan serta kqnversi pakannya . Pemberian secara ad libitum dalam bentuk butiran menghasilkan pertambahan berat badan dan berat badan akhir yang tinggi serta konversi pakan yang lebih baik , disamping secara ekonomi lebih menguntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ayam pedaging Strain Hubbard, ad libitum
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Devy Robinson Nainggolan, -NIM068711330
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSoesanto Prijosapoetro, --
ContributorR.T.S. Adikara, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:47
Last Modified: 04 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item