Efek Tindakan Akupunktur Yang Didahului Injeksi Kortison Asetat Terhadap Waktu Ketahanan Rasa Panas Pada Kelinci (Oryctholagus Cuniculus)

Umi Wulandari, - (2000) Efek Tindakan Akupunktur Yang Didahului Injeksi Kortison Asetat Terhadap Waktu Ketahanan Rasa Panas Pada Kelinci (Oryctholagus Cuniculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
WULANDARI UMI 2000_compressed.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengamatl penurunan waktu ketahanan panas setelah tindakan akupunktur yang disebabkan oleh injeksi kortison asetat yang mendahuluinya. Lima ekor kelinci jantan berumur 12 hingga 15 bulan dengan berat badan 2500 hlngga 3000 gram digunakan dalam penelitlan inl. Disain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (Complete Randomized Design) yang terbagi menjadi empat perlakuan dengan lima ulangan. Data dianalisis menggunakan Anallsis Ragam yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil. Kortison asetat diberikan secara intramuskular sebelum dilakukannya tlndakan akupunktur. Pada perlakuan I, hewan coba tidak dlinjeksi kortison asetat. Perlakuan II, Ill dan IV, masing-maslng dlinjeksi kortlson asetat dengan dosis 2.5, 5 dan 12 mg/ekor. Pengukuran waktu ketahanan panas berdasarkan lama waktu hewan coba bertahan terhadap rangsangan panas yang dipaparkan sampai terjadlnya reflek menghindar. Waktu ketahanan panas diukur setelah injeksi kortlson asetat dan setelah dilakukannya tindakan akupunktur. Hasil penelitian menunjukkan kortison asetat yang diberikan secara intramuskular dilanjutkan pemberian rangsangan akupunktur menyebabkan penurunan waktu ketahanan panas pada kellnci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelinci
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Umi Wulandari, -NIM069412137
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHana Ellyani, --
UNSPECIFIEDSoellstyanto, --
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:12
Last Modified: 04 Apr 2023 02:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item