Pengaruh Pemberian Ampas Tahu Kering Sebagai Pengganti Sebagian Pakan Komersial Terhadap Berat Karkas Dan Lemak Abdominal Itik Mojosari Jantan

Riza Widiyanti, - (1998) Pengaruh Pemberian Ampas Tahu Kering Sebagai Pengganti Sebagian Pakan Komersial Terhadap Berat Karkas Dan Lemak Abdominal Itik Mojosari Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (RIZA WIDIYANTI)
Riza Widiyanti.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ampas tahu yang telah dike_ringkan sebagai pengganti sebagian pakan komersial terhadap berat karkas dan lemak abdominal itik Mojosari jantan. Sejumlah 32 ekor anak itik Mojosari jantan dari kecamatan Mojosari digunakan- dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi · menjadi em pat perlakuan dan delapan ulangan. Ke empat perlakuan tersebut masing-masing adalah PO (100% pakan komersial) sebagai kontrol, Pl (90% pakan komersial + 10% ampas tahu kering), P2 (80% pakan komersial + 20% ampas tahu kering) dan P3 (70% pakan komersial + 30%, ampas tahu kering). Pakan perlakuan diberikan setelah itik ·tersebut berumur tiga minggu hingga berumur delapan minggu. Pengumpulan data dilakukan pada akhir minggu kedelapan berupa data berat karkas dan lemak abdominal. Selanjutnya data tersebut di analisis dengan menggunakan uji F (Analisis Ragam) dan bila menunjukkan• perbedaan yang nyata maka analisis dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil dengan taraf signifikansi 5% untuk menentukan perlakuan mana yang terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai tingkat penggantian pakan ko~ersial dengan ampas tahu kering memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap b.erat dan persentase karkas, serta memberikan pengaruh yang nyata terhadap berat dan persentase lemak abdominal itik Mojosari jantan pada masing-masing perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ampas Tahu Kering: Karkas Dan Lemak Abdominal Itik Mojosari Jantan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > S3 Ilmu Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Riza Widiyanti, -NIM069311978
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDady S. Nazar, -NIDN-
Thesis advisorLianny Nangoi, -NIDN0017105603
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:54
Last Modified: 04 Apr 2023 02:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item