Pengaruh Pemberian Oksitetrasiklin Terhadap Kadar Kalium Tinja Pada Tikus Putih

Diana Matofani, - (1993) Pengaruh Pemberian Oksitetrasiklin Terhadap Kadar Kalium Tinja Pada Tikus Putih. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
DIANA MATOFANI PENGARUH PEMBERIAN OKSITETRASIKLIN_compressed.pdf

Download (13MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian oksitetrasiklin secara intramuskular pada berbagai dosis terhadap kalsium yang dikeluarkan melalui tinja . Sejumlah 24 ekor tikus putih jantan Strain Wistar yang berumur tiga bulan dengan berat badan rata-rata 275 gram digunakan sebagai hewan percobaan. Selama penelitian hewan percobaan diberi pakan bentuk pellet dengan kode par G yang mengandung kalsium 0,93 persen . Perlakuan terhadap hewan percobaan dengan diberi suntikan Terramycin yang mengandung Oksitetrasiklin 50 mg per mililiter. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan tiga kelompok perlakuan dan delapan ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji BNT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Oksitetrasiklin 10 mg per kg BB dan 20 mg per kg BB selama 10 hari memberi pengaruh yang sangat nyata terhadap kalsium yang dikeluarkan melalui tinja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Oksitetrasiklin, Kalium, Tikus Putih
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Diana Matofani, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorI Dewa Ketut Meles, --
ContributorChairul Anwar Nidom, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:01
Last Modified: 04 Apr 2023 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122005
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item