Pengaruh Fermentasi Onggok Ubi Kayu Dalam Ransum Terhadap Pertambahan Berat Badan Dan Konsumsi Pakan Serta Konversi Pakan Pada Ayam Pedaging

Yuni Triwido Astuti, - (1997) Pengaruh Fermentasi Onggok Ubi Kayu Dalam Ransum Terhadap Pertambahan Berat Badan Dan Konsumsi Pakan Serta Konversi Pakan Pada Ayam Pedaging. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
YUNI TRIWIDO ASTUTI (FKH) 1997_compressed.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fermentasi onggok ubi kayu sebagai pengganti jagung dalam ransum terhadap pertambahan berat badan, konsumsi pakan dan konversi pakan pada ayam pedaging. Hewan percobaan yang digunakan adalah ayam pedaging jantan strain Arbor Acress jenis CP 707 sebanyak 35 ekor. Rancangan Percobaan yang dipakai adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan tujuh ulangan. Kelima perlakuan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah, RO (Ransum yang mengandung 45% jagung dan 07. fermentasi onggok ubi kayu), R1 (Ransum yang mengandung 37,5% jagung dan 7,5% fermentasi onggok ubi kayu), R2 (Ransum yang mengandung 30% jagung dan 15% fermentasi onggok ubi kayu), R3 (Ransum yang mengandung 22,5% jagung dan 22,5% fermentasi onggok ubi kayu), dan R4 (Ransum yang mengandung 15% jagung dan 307. fermentasi onggok ubi kayu). Peubah yang diamati adalah pertambahan berat badan, konsumsi pakan dan konversi pakan. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Sidik Ragam (Uji F) yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian fermentasi onggok ubi kayu sampai 30% sebagai pengganti jagung memberikan pengaruh yang sama dengan ransum yang hanya menggunakan jagung terhadap pertambahan berat badan, konsumsi pakan dan konversi pakan ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fermentasi ; Ubi Kayu
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Yuni Triwido Astuti, -NIM069111728
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoostita B, --
Thesis advisorJ.Kusriningrum R, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:40
Last Modified: 10 Apr 2023 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122783
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item