Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kepuasan Mahasiswa Yang Mengikuti Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl) Di Fakultas Keperwatan Unair

Liandra Denok Galuh Probowulan, - (2013) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kepuasan Mahasiswa Yang Mengikuti Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl) Di Fakultas Keperwatan Unair. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Liandra Denok Galuh Probowulan_130915075.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam perilaku belajar mahasiswa sehingga mampu mengubah perilaku mahasiswa untuk lebih giat dalam belajar (Dimyati&Mudjiono, 2008). Hal yang terpenting dalam perubahan perilaku tersebut terletak pada respon yang ada terhadap stimulus yang diberikan oleh pengajar. Respon tersebut dapat menimbulkan kepuasan apabila mendapat penguatan yang positif, namun apabila terjadi penguatan yang negatif maka respon tersebut dapat mengurangi kepuasan yang ditimbulkan (Mulyadi, 2008). Kedua hal tersebut berperan cukup penting dalam Student Centered Learning (SCL) dimana dalam metode pembelajaran ini lebih menonjolkan keaktifan mahasiswa dalam menjalani aktivitas perkuliahan (Prassida & Muklason, 2011). Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi yang digunakan ialah mahasiswa regular angkatan 2011 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Variabel independennya adalah motivasi belajar mahasiswa dan variabel dependennya adalah kepuasan mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran SCL. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan model likert. Data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan uji Spearmen Rho dalam SPSS 16.0 for windows dengan signifikansi ρ ≤ 0,05. Hasil menunjukkan bahwa adanya hubungan antara motivasi belajar dengan kepuasan belajar mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran SCL dengan nilai signivikansi ρ = 0,024 dengan r = 0,230 yang menunjukkan tingkat hubungan yang lemah Hal tersebut membuktikan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan kepuasan mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran SCL di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Penelitian ini diharapkan mampu mendukung pengembangan konsep pembelajaran SCL serta meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di institusi terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kepuasan mahasiswa, SCL
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Keperawatan Jiwa & Komunitas
Creators:
CreatorsNIM
Liandra Denok Galuh Probowulan, -NIM130915075
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNi Ketut Alit Armini, --
ContributorMira Triharini, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:02
Last Modified: 10 Apr 2023 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item