Pengaruh Tepung Bulu Sebagai Pengganti Tepung Ikan Terhadap Berat Karkas, Hati, Empedal Dan Lemak Abdominal Ayam Pedaging Jantan

Nunung Hernawati, - (1990) Pengaruh Tepung Bulu Sebagai Pengganti Tepung Ikan Terhadap Berat Karkas, Hati, Empedal Dan Lemak Abdominal Ayam Pedaging Jantan. Laporan Penelitian. Fakultas Kedokteran Hewan. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
NUNUNG HERNAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa jauh tepung bulu dapat digunakan sebagai pengganti tepung ikan terhadap berat karkas, hati, empedal dan lemak abdominal. Sejumlah 36 ekor ayam pedaging jantan dibagi secara' random dengan Rancangan Acak Lengkap memakai anak contoh (4x4x3). Tepung bulu diperoleh dengan mengukus bulu-bulu ayam selama 30 menit, kemudian dikeringkan di di bawah terik sinar matahari, diopen baru dilakukan penggilingan. Diberikan ransumdenganmenyusun sendiri terdiri dart ransum untuk perlakuan A (kontrol) dengan jumlah tepung ikan 10% dart jumlah total ransum, mengandung protein kasar 21,08% dan ME = 3088,90 Kkal/kg. Sedangkan perlakuan B,C,D diberikan terhadap ransum basal dengan substitusi tepung ikan terhadap tepung bulu masing-masing 10%, 20% dan 30%. Pala penelitian ini pengamatan yang dilakukan meliputi beat karkas, hati, empedal dan lemak abdominal yang diperoleh setelah ayam berumur 56 hari.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Tepung Ikan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nunung Hernawati, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:05
Last Modified: 27 Feb 2024 03:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item