PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA SEBAGAI DOPING

ARI PRIYANTI, 031011180 (2014) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA SEBAGAI DOPING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-priyantiar-30799-7.abstr-i.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 60-14 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kejahatan selalu berkembang mengikuti dinamisme masyarakat dan pesatnya kemajuan teknologi, begitu pun dalam tindak pidana narkotika yang semakin hari semakin variatif dalam bentuk penggunaannya guna mengelabuhi hukum setempat. Pelakunya pun juga tak pandang usia dan kalangan, mulai dari pelajar hingga para profesional pun tak luput dari ancaman narkotika. Bahkan kalangan olahraga yang merupakan salah satu ajang kompetisi untuk beradu prestasi juga telah ternoda dengan penyalahgunaan narkotika. Bentuk penyalahgunaan narkotika yang ditemukan di bidang olahraga umumnya merupakan doping yang memiliki tujuan utama sebagai suntikan stamina bagi olahragawan agar dapat meraih kemenangan pada kompetisi olahraga. Di Indonesia doping pada olahragawan banyak ditemukan, namun memang belum ada yang terdeteksi melakukan doping dengan menggunakan zat-zat yang tergolong narkotika. Namun, di negara-negara lain banyak ditemukan olahragawan yang melakukan doping dengan zat-zat yang merupakan narkotika maupun prekursor narkotika berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pada negara yang tidak terlalu ketat dalam larangan narkotika, para pelaku doping hanya terkena sanksi administrasi terkait prestasi yang diraih. Akan tetapi, bagi negara yang sangat melawan penggunaan narkotika seperti Indonesia tentu saja tidak semata-mata mengacu pada aspek adminitratif melainkan aspek pidana juga. Bukan tidak mungkin kasus doping yang menggunakan narkotika dan prekursor narkotika terjadi di hari yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 60/14 Pri p
Uncontrolled Keywords: NARCOTICS; DOPING IN SPORTS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ARI PRIYANTI, 031011180UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAstutik, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 04 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item