Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Apotek (Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Liza Pristianty, - and Hefti Ari Fransiska, - and Mutiara Titani, - (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Apotek (Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Majalah Farmasetika, 6 (1). pp. 88-95. ISSN 2686-2506

[img] Text (FULLTEXT)
C-18 ARTIKEL.pdf

Download (426kB)
[img] Text (Kualitas Karil)
C-18 KUALITAS KARIL DAN VALIDASI KADEP.pdf

Download (478kB)
[img] Text (Korespondensi)
C-18 KORESPONDENSI.pdf

Download (96kB)
Official URL: http://jurnal.unpad.ac.id/farmasetika/article/view...

Abstract

Swamedikasi merupakan upaya penanganan penyakit ringan yang sering terjadi di masyarakat dan menjadi solusi untuk meningkatkan keterjangkauan pengobatan. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan pengobatan. Apoteker di apotek diharapkan dapat membantu masyarakat melakukan swamedikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di apotek dan mendukung kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien swamedikasi terhadap mutu pelayanan kefarmasian di apotek wilayah Mojolangu, Malang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan instrumen yang digunakan kuesioner dengan skala likert. Terhadap kuesioner terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Servqual and Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis metode servqual diperoleh skor negatif (-) pada semua indikator pertanyaan, berarti responden tidak puas dengan pelayanan apotek di Mojolangu, Malang. Sedangkan pada analisis dengan Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh rata-rata total (X ) pada variabel realita adalah 4,10 dan pada variabel ekspektasi 4,55. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa responden tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh apotek di Mojolangu, Malang. Pelayanan yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan adalah kemampuan apoteker memberikan informasi tentang obat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: apotek, kualitas pelayanan, swamedikasi, tingkat kepuasan pasien
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Komunitas
Creators:
CreatorsNIM
Liza Pristianty, -NIDN0015116205
Hefti Ari Fransiska, --
Mutiara Titani, --
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 29 Apr 2023 04:11
Last Modified: 29 Apr 2023 04:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/125625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item