KARAKTERISTIK KONTRAK KERJASAMA PENGELOLAAN KAWASAN PELABUHAN YANG DIKELOLA BADAN USAHA PELABUHAN

DENNY CAHYADI WERIANTO, 031011171 (2014) KARAKTERISTIK KONTRAK KERJASAMA PENGELOLAAN KAWASAN PELABUHAN YANG DIKELOLA BADAN USAHA PELABUHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-weriantode-33741-6.abstr-k.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-weriantode-33741-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kontrak kerjasama pengelolaan pelabuhan merupakan kontrak kerjasama penyediaan infrastruktur pelabuhan berupa penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan. Hak atas pengelolaan pelabuhan di Indonesia diberikan oleh Otoritas Pelabuhan yang merupakan perwakilan Pemerintah Republik Indonesia kepada Badan Usaha Pelabuhan yang akan bekerjasama dalam penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan. Pemberian hak atas pengelolaan pelabuhan dapat diberikan melalui kontrak konsesi atau kontrak dalam bentuk lain berupa sewa-menyewa. Dengan diberlakukanya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran berimplikasi pada perubahan kewenangan PT. Pelabuhan Indonesia dari Otoritas Pelabuhan menjadi Badan Usaha Pelabuhan. Perubahan status PT. Pelabuhan Indonesia menjadi Badan Usaha Pelabuhan membuka peluang dilakukanya kerjasama pengelolaan pelabuhan dengan Badan Usaha Pelabuhan lain. Keberlakuan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan aturan pelaksananya mempengaruhi pembentukan kontrak kerjasama pengelolaan kawasan pelabuhan di Indonesia yang kemudian diperlukan untuk dilakukan penelitian terkait karakteristik dan model kontrak kerjasama pengelolaan pelabuhan agar tercipta suatu acuan yang pasti. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan adalah pendeketan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Dengan metode tersebut dilakukan inventariasi terhadap peraturan terkait serta konsep berupa doktrin dalam hukum kontrak terkait penyediaan infrastruktur di pelabuhan, yang kemudian dapat ditemukan karakteristik serta model kontrak kerjasama pengelolaan pelabuhan antara Otoritas Pelabuhan dengan Badan Usaha Pelabuhan yang dilakukan melalui konsesi atau sewa-menyewa dan antara PT. Pelabuhan Indonesia dengan Badan Usaha Pelabuhan lain yang dilakukan melalui kerjasama operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.121/14 Wer k
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT AREA
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K100-103 Legal education
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DENNY CAHYADI WERIANTO, 031011171UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Nov 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12675
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item